Internasional

Tentara Korea Utara Membelot ke Korea Selatan

Rabu, 15 November 2017 03:31 WIB Penulis: I-4

(AP Photo/Lee Jin-man)

SEORANG tentara Korea Utara (Korut) membelot ke Korea Selatan (Korsel). Pembelotan itu diwarnai aksi yang dramatis. Tentara itu ditembaki sebanyak enam kali oleh pasukan Korut saat dia berupaya melin­tasi perbatasan negara yang dijaga sangat ketat. Di bawah hujan peluru, dia menyeberang ke wilayah Korsel. Komando PBB yang di-pim­pin Amerika Serikat (UNC) mengatakan tentara tersebut mendekati garis demarkasi militer yang memisahkan kedua Korea.

UNC memantau perbatasan Panmunjom tempat pembe­lotan terjadi pada Senin (13/11). “Tentara itu keluar dari ken-darannya dan melarikan diri ke selatan melintasi garis batas. Dia ditembaki tentara Korut lainnya,” ungkap UNC pada sebuah pernyataan.
Seorang pejabat Kepala Staf Gabungan Korsel mengatakan penjaga perbatasan Korut melepaskan tembakan setidaknya 40 kali. Setelah sampai ke wilayah Korsel, seorang dokter mengobati luka-lukanya.

Dia kemudian dievakuasi melalui jalur udara ke rumah sakit untuk menjalani operasi darurat. Dokter mengatakan tentara itu ditembak beberapa kali di bagian perut dan mendapat cidera serius. “Setidaknya ada enam luka tembak di badannya. Luka yang menembus perut yang paling serius,” kata dokter Lee Cook-jong kepada wartawan.

Pembelotan seperti itu sangat langka terjadi. Seperti di­ketahui, gencatan senjata ditandangani pada 1953 yang menandai berakhirnya Perang Korea untuk sementara. Penandatanganan dilakukan di Panmunjom dan sejak saat itu berbagai perbincangan an­tara Korea digelar di perba­tasan tersebut. (*/AFP/I-4)

Komentar