Internasional

22 Polisi Tewas Diserang Taliban

Rabu, 15 November 2017 03:15 WIB Penulis: (*/I-4)

AFP PHOTO / JAVED TANVEER

PULUHAN polisi dan tentara tewas dalam serangkaian se­rangan kelompok militan Taliban yang menyasar pos-pos pemeriksaan di Afghanis­tan. Menurut pihak berwenang, Selasa (14/11), Taliban memper­kuat serangan terhadap pasukan pemerintah yang sudah terkepung. Serangan berlangsung di provinsi selatan Kandahar dan provinsi barat Farah pada Senin (13/11) malam. Mereka menyerang beberapa jam se­telah seorang anggota pasukan bunuh diri menabrakkan kendaraan berisi bahan peledak ke konvoi militer Amerika Serikat. Serangan bunuh diri itu me­lukai empat tentara. Pascaserangan, Taliban mengklaim sebagai pihak yang bertanggung jawab melalui akun media sosial mereka.

“Saya dapat memastikan bah­wa tadi malam Taliban melancarkan gelombang serangan terhadap pos-pos pemeriksaan polisi di Distrik Mai­wand dan Zhari. Kami ke­hilangan 22 polisi pembe­­rani,” kata juru bicara Guber­nur Kandahar, Qudrat Khushbakht, kepada AFP. Dalam pertempuran yang berlangsung sekitar 6 jam tersebut, lanjutnya, pasukan pemerintah menewaskan 45 militan.

Juru bicara Kepolisi­an Kandahar, Matiullah Helal, menambahkan, dalam salah sa­tu serangan, militan meng­gu­nakan mobil polisi berisi ba­han peledak untuk menyer­gap sebuah pos pemeriksaan. Sedikitnya 15 polisi terluka dalam serangan yang terorganisasi tersebut. “Sebanyak empat tentara AS terluka. Kini kondisi mereka sudah stabil di fasilitas perawatan medis AS,” kata seorang juru bicara untuk Resolute Support Mission NATO di Afghanistan. Secara terpisah, juru bica­ra Gubernur Farah Naser Mehri mengatakan sembilan anggota Tentara Nasional Afghanistan tewas dalam dua serangan terpisah di provinsi yang berbatasan dengan Iran. (*/I-4)

Komentar