Nusantara

Pelindo I Benahi Desa Wisata Tomok

Rabu, 15 November 2017 00:31 WIB Penulis: (PS/N-2)

MI/ROMMY PUJIANTO

DESA wisata Tomok, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, terus bersolek. Desa yang berada di pinggir Danau Toba ini mendapat dukungan besar dari Pelindo I untuk menjadi desa tujuan wisata unggulan. “Kami melihat potensi yang potensial untuk dikembangkan dari Desa wisata Tomok sehingga semakin menarik dan membuat wisatawan datang. Kami juga mengapresiasi warga yang sudah membuka diri, menerima bantuan dari Pelindo I untuk maju, dan memperkenalkan keindahan desa ini,” ungkap Asisten Deputi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, Kementerian BUMN, Indriani Widiastuti, saat menyerahkan bantuan kepada Desa Tomok, Selasa (14/11).

Bantuan yang diberikan Pelindo I berupa pembangunan fisik di desa itu yang meliputi penataan lanskap area kursi batu dan penanda kawasan, penataan tribune penonton untuk pertunjukan Sigale-gale, pembangunan sopo (bangunan khas Batak), dan pembangunan gazebo demo perajin tenun. Selain itu, pembuatan papan nama penanda kawasan, penataan lanskap area makam Raja Si­dabutar, penataan lanskap serta panggung upacara Mangalahat Horbo, pembuatan kursi taman di area Mangalahat Horbo, dan pembuatan lahan parkir.

Pelindo I juga berkontribusi membangun desa wisata itu secara nonfisik dengan membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang sudah turut berpartisipasi dalam beragam ajang nasional. “Pelindo I membantu terbentuknya Kelompok Sadar Wisata dan memberi pelatih­an untuk mereka. Belum lama ini, kami juga mengajak mereka melakukan studi banding ke sejumlah objek wisata di Yogyakarta,” papar Direktur Keuangan Pelindo I Farid Luthfi.

Pokdarwis, lanjutnya, dibentuk untuk menambah wawasan dalam mengembangkan potensi desa wisata di Desa Tomok, Danau Toba, dan memperkenalkan budaya Batak kepada pengunjung dengan cara yang menarik. Desa wisata Tomok Parsaoran yang berada di Pulau Samosir menyimpan banyak sejarah dan memiliki banyak objek wisata, di antaranya makam Raja Sidabutar, Museum Batak, dan pertunjukan Sigale-gale. (PS/N-2)

Komentar