Humaniora

Januari 2018 Seluruh Rekening Penerima Bansos PKH Terisi

Selasa, 14 November 2017 16:02 WIB Penulis: Indriyani Astuti

ANTARA FOTO/Moch Asim

PEMERINTAH memutuskan untuk menambah jumlah penerima manfaat Bantuan Sosial (Bansos) nontunai dari 6 juta menjadi 10 juta pada 2018, sehingga ada penambahan empat juta penerima. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memastikan pada Januari 2018 mendatang, penyaluran bansos melalui rekening para pemerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) sudah terisi.

"Dipastikan 20 Januari seluruh rekening sudah diisi dan awal Februari bisa jalan," tutur Mensos seusai menghadiri pencairan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Gedung Wanita, Bandar Lampung, Provinsi Lampung pada Senin (14/11). Hadir pula Gubernur Provinsi Lampung Muhammad Ridho Ficardo.

Mensos lebih jauh menjelaskan untuk kesiapan penyaluran bansos nontunai 2018, saat ini tengah berlangsung proses personifikasi pada Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang nanti akan diterima para penerima bansos. Proses itu dimulai sejak awal November 2017 dan dilakukan oleh Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI). Personifikasi yakni pencantuman nama dan data penerima bansos pada KKS.

"PNRI bisa melakukan proses personifikasi hingga 200.000 kartu setiap hari. Kita harapkan 20 November dapat selesai empat juta kartu tambahan untuk pencarian bansos. Sehingga kalau ada yang kurang seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang kurang lengkap masih ada waktu membenahi, " terang Mensos.

Agar proses pencairan bansos nontunai 2018 berjalan lancar dan tepat waktu, Kementerian Sosial harus memastikan pencairan bansos nontunai untuk tahun ini harus tuntas pada November. Jadi tidak menghambat pencairan selanjutnya.

"Oleh karena itu Nopember ini kita pastikan tuntas maka desember bisa melakukan closing data," katanya

Khofifah menjelaskan, para penerima manfaat PKH dapat mencairkan bansos empat kali setiap tahunnya. Sedangkan untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) mereka dapat mencairkan enam kali dalam satu tahun.

"Bantuan pangan nontunai tahap pencairannya enam kali dan di top up (isi saldo rekening) tiap bulan nilai nominalnya Rp 110 ribu," katanya.

Untuk Provinsi Lampung, pencairan bansos PKH sudah masuk tahap keempat. Terdapat 217. 563 keluarga penerima manfaat PKH dengan total bantuan Rp 411.194.070. 000. Adapun target perluasan PKH sebanyak total 315.296 penerima manfaat pada 2018 mendatang.

"Saya beserta tim dengan Kementerian Sosial melakukan monitoring untuk bisa memastikan agar semua dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Hari ini saya menitipkan kepada Gubernur Lampung agar pencairan PKH dan terus bisa dikawal agar maksimalisasi layanan ini," tutur Mensos. (OL-6)

Komentar