Polkam dan HAM

Kaum Muda Tidak Boleh Acuh Terhadap Bangsa

Selasa, 14 November 2017 12:23 WIB Penulis: M Sholahadhin Azhar

ANTARA/ROSA PANGGABEAN

Pemuda di Indonesia dinilai tak acuh terhadap perkembangan bangsa. Padahal pemuda adalah tulang punggung negara.

Seharusnya pemuda mengambil peran untuk memajukan bangsa. "Memang itulah sebenarnya tumpuan harapan kita yang paling besar sebagai suatu bangsa. Kalau bersikukuh berpegang teguh pada komitmen dan ideologi kebangsaan kita, ya kaum muda sekarang harus berperan," kata Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat Apel Siaga Nasional Garda Pemuda NasDem di JiEXPO, hari ini.

Ketika pemuda tak acuh, tidak menghiraukan ideologi bangsa, mereka hanya akan ikut arus saja. Dampaknya akan terjadi ketimpangan dan erosi nasionalisme yang luar biasa. Mengingat perkembangan zaman dan teknologi informasi dengan leluasa mengombang-ambingkan para pemuda.

Surya berpandangan bahwa pemuda, khususnya Garda Pemuda NasDem harus memiliki sikap. Sebab hal itu awal dari bangkitnya kesadaran, misalnya terkait teknologi informasi yang harus disambut. Namun, penggunaanya dibarengi dengan kebijaksanaan dan searah dengan ideologi bangsa.

"Berangkat dari filosifis melahirkan ideologis dan itu ideologis kebangsaan kita (Pancasila). Menggunakan kemajuan teknologi informasi, tapi di diri mereka ada dada aku anak indonesia. Itu yang paling pokok," terang Surya.

Lebih lanjut ia juga mengingatkan bahwa saat ini generasinya sudah tak seefektif dahulu. Sehingga, harus ada transfer pengetahuan pada pemuda. Supaya pemuda generasi sekarang bisa meneruskan perjuangan memajukan Indonesia.

"Pada mereka kita titip pesan ini, Indonesia milik kalian. Upaya-transformasi transformasi regenerasi saya pikir harus berkelanjutan, di situ peran generasi senior butuh sekali," tandasnya. (MTVN/OL-7)

Komentar