Olahraga

Para Pembina YUTI Ikuti Ujian Kenaikan DAN

Senin, 13 November 2017 22:57 WIB Penulis:

Ist

PEMBINA Yayasan Universal Taekwondo Indonesia (YUTI) dan Universal Taekwondo Indonesia UTI Pro Grand Master Lioe Nam Khiong menjalani ujian kenaikkan DAN IX.

"Ujian kenaikkan tingkat dari DAN VIII ke DAN IX ini cukup berat dan tidak mudah, karena harus melewati serangkaian tes yang dilaksanakan para instruktur di KUKKIWON," ujar Lioe Nam Khiong dalam keterangannya di Jakarta, Senin (13/11).

Ajang ini dilaksanakan di KUKKIWON (World Taekwondo Headquarter) di Seoul, Korea Selatan (10/11). Dikatakan Lioe, DAN IX merupakan tingkat tertinggi dalam ilmu beladiri taekwondo.

"Bagi saya bisa mengikuti ujian kenaikkan DAN ini adalah anugerah dalam kehidupan saya," jelas Lioe yang sudah 44 tahun menekuni beladiri ini.

Ia mulai kepincut bela diri asal negeri ginseng ini pada 1973 ketika taekwondo pertama kali masuk ke Indonesia melalui Kota Medan.

Menurut Lioe, mengikuti ujian kenaikkan DAN dijadikan sebagai pemicu untuk terus mengembangkan olahraga taekwondo di Indonesia. "Saya tidak pernah berhenti untuk terus mengembangkan olahraga ini bersama UTI Pro," ungkap Lioe.

Selain Lioe, 6 master dari UTI Pro juga mengikuti ujian kenaikkan DAN tinggi di KUKKIWON, yaitu Lamting, Ganis Hartono, Rizon Oktalybsa, Suwandi Gunawan, Billy Komara, dan Azhari dari DAN VII ke DAN VIII.

Sesuai regulasi di KUKKIWON, untuk ujian kenaikkan DAN VII ke DAN VIII minimal harus aktif berkecimpung 8 tahun. Sedangkan dari DAN VIII ke DAN IX harus 9 tahun berkecimpungnya. Lioe optimistis seluruh perwakilan UTI Pro yang mengikuti ujian tersebut lulus. (OL-4)

Komentar