Olahraga

Jalan Terjal Tunggal Putra Indonesia

Senin, 13 November 2017 23:45 WIB Penulis: (Rul/R-3)

AFP PHOTO / TOSHIFUMI KITAMURA

DUA tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, untuk pertama kalinya turun di kejuaraan bulu tangkis Tiongkok Terbuka Super Series Premier 2017. Pada turnamen yang berlangsung di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, Tiongkok 14-19 November, Keduanya langsung bertemu lawan tangguh di babak awal. Jonatan akan berhadapan dengan Lin Dan (Tiongkok), sedangkan Anthony akan berjibaku dengan wakil Hong Kong, Ng Ka Long Angus. Jika mampu menaklukkan lawan, hanya satu wakil Indonesia yang bisa lanjut ke babak ketiga karena Jonatan dan Anthony akan langsung berjumpa di babak kedua.

Namun, berlanjut ke babak kedua tampaknya bukanlah hal yang mudah bagi Jonatan. Dari rekor pertemuannya dengan Lin Dan, Jonatan baru sekali menang dari empat kali berjumpa. Pada pertemuan terakhir di Australia Terbuka 2017, Jonatan bahkan harus menyerah dua gim langsung dengan skor 14-21, dan 19-21. Berbeda dengan Anthony yang hanya tertinggal tipis 2-3 dari Ng. Pada pertemuan terakhir di Korea Terbuka 2017 lalu, Anthony bahkan berhasil menang dua gim langsung dengan skor 21-18 dan 21-18. Meski demikian, tak ada yang mustahil bagi pelatih Hendry Saputra. Menurut Hendry, baik Jonatan maupun Anthony harus tampil penuh percaya diri dalam menghadapi lawan-lawan mereka.

"Kalau persiapan, dari segi teknik, fisik, dan segala macam sudah oke, sekarang tinggal balik lagi ke tiap-tiap pemain yang harus tampil lebih percaya diri," ujar Hendry. Sementara itu, menurut Hendry, Anthony sempat menderita cedera saat bertanding di Prancis Terbuka beberapa waktu lalu. Namun, kondisi Anthony kini sudah jauh lebih baik. Selain Anthony, pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon kembali berlaga untuk pertama kali pascamengalami cedera bahu kanan di Denmark Terbuka 2017.

Marcus mengaku kondisinya sudah membaik. "Mudah-mudahan tidak ada masalah lagi dengan bahu saya dan bisa mendapat hasil maksimal di kejuaraan ini," ujar Marcus.

Komentar