Pesona

Dari Indonesia di Puncak Wow Award 2017

Ahad, 12 November 2017 04:01 WIB Penulis: TB/M-3

MI/TAUFAN

KESUKSESAN Rinaldy Arviano Yunadi dalam menyabet juara umum di World of Wearable Art (WOW) Award 2017 di Selandia baru memang sudah diumumkan sejak September. Meski begitu, koleksi juara sang desainer belum ditampilkan ke publik negeri sendiri. Kesempatan itulah yang dituntaskan Rinaldy pada Selasa (7/1l) di Jakarta. Pria yang akrab disapa Yung Yung itu menampilkan koleksi Encapsulate dan Cosmos. Koleksi Encapsulate yang menjadi juara 1 kategori open section berdesain seperti kapsul raksasa yang terpotong menjadi dua bagian yang kemudian diselubungkan ke badan model.

Kapsul ini dibuat dari susunan helai tali rafi a dan LED. Sementara itu, koleksi Cosmos yang menjadi juara di kategori avant garde section tampil sebagai baju hitam dan perak terbuat dari kristal jala, tali rafi a, dan logam. Koleksi ini juga dilengkapi hiasan kepala yang rumit yang berbentuk layaknya matahari hitam di bagian depan wajah model. Dengan dua gelar pertama itu, Rinaldy pun dinobatkan sebagai juara umum. "Karya ini terinspirasi oleh keteraturan alam semesta yang telah mengapsulkan sistem pemikiran, akal, dan emosi manusia," tutur Rinaldy yang karya-karyanya juga sudah dipakai selebritas dunia, termasuk Katy Perry.

WOW merupakan sebuah kompetisi desain internasional yang menarik ratusan peserta dari seluruh dunia. Dalam ajang itu, para desainer bersaing untuk mendapatkan lebih dari $170 ribu hadiah uang tunai ditambah dengan pengalaman luar bisa bekerja sama dengan perusahaan kreatif terkemuka seperti, Weta Workshop dan Cirque du Soleil. Namun, pria kelahiran Medan, 13 Desember 1970 itu mengaku berbelitbelitnya birokrasi dan besarnya biaya sempat membuat nyalinya sedikit kendor untuk mengikuti lomba. Ia bisa bangkit berkat dorongan agensinya yang berada di Singapura.

Komentar