Lingkungan

Iriana Dijadikan Nama Burung Spesies Baru

Senin, 30 October 2017 21:32 WIB Penulis: Rudy Polycarpus

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

NAMA Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan diabadikan sebagai nama spesies burung baru dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengungkapkan, rencananya burung endemik itu akan dinamakan Myzomela Irianae.

"Saya minta izin Bapak Presiden dan disetujui pakai nama ilmiahnya Ibu Negara," ujar Siti seusai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/10).

Burung tersebut masuk dalam family Meliphagidae dan akan dilindungi menurut Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 dan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Burung itu ditemukan oleh peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dewi M Prawiradilaga.

Adapun ciri burung tersebut berparuh hitam, begitu juga dengan kaki, jari, dan dada. Namun, kepala hingga dada atas dan tengkuk berwarna merah darah. Mata burung itu berwarna cokelat.

Selain burung, Siti juga melaporkan temuan spesies orang utan baru kepada Presiden. "Kedua saya dapat laporan juga ada spesies orang utan baru di Tapanuli kelihatannya (Tapanuli) Selatan," terang Siti.

Genetiknya, dijelaskan Siti Nurbaya, mirip Kalimantan. Tapi ditemukannya di Sumatera. (Pol)

Komentar