Polemik

Tunggu Rekomendasi Bawaslu

Senin, 30 October 2017 07:38 WIB Penulis: Nur/P-3

Grafis/Caksono

Sembilan parpol resmi melaporkan KPU ke Bawaslu, tanggapan Anda?
Kami menghargai dan menghormati setiap upaya hukum yang dilakukan parpol yang dinyatakan tidak lengkap (berkas pendaftarannya). Itu bagian dari saluran hukum yang disediakan UU.

Berkas apa saja yang kurang sehingga dinyatakan tidak memenuhi syarat?
Rata-rata karena kepengurusan tidak lengkap di 75% kabupaten/kota dan 50% kecamatan. Juga, (soal) kantor kan harus sesuai dengan jumlah kepengurusan. Dan soal keanggotaan, mereka tidak memenuhi syarat minimal di setiap kabupaten/kota.

Apakah 13 parpol tersebut dipastikan tidak bisa ikut Pemilu 2019?
Ya, kalau dari sisi kami begitu. Otomatis (tidak bisa ikut Pemilu 2019).

Bagaimana dengan berita acara pemeriksaan yang dituntut 13 parpol itu?
Di peraturan KPU, produk tahapan pendaftaran bukan berita acara melainkan hanya surat pemberitahuan yang dilampiri dengan ceklis. Surat pemberitahuan sudah kita kirim pada 20 Oktober sekaligus dengan ceklisnya. Di suratnya sudah kita nyatakan bahwa partai itu tidak lengkap sehingga tidak bisa mengikuti tahapan berikutnya (penelitian administrasi).

Apakah putusan atau rekomendasi Bawaslu nantinya bisa mengubah keputusan KPU?
Tergantung rekomendasi Bawaslu bunyinya apa. Rekomendasinya bisa dinyatakan bahwa apa yang dilakukan KPU sudah benar. Bisa juga gugatan dikabulkan, tapi bunyinya bagaimana, kita kan belum tahu.

Bukankah putusan Bawaslu bersifat mengikat?
Ya, kalau bunyi undang-undang, rekomendasi Bawaslu harus ditindaklanjuti. jadi nanti akan kami tindaklajuti apa yang direkomendasikan Bawaslu.

Benarkah sipol sering down sehingga menghambat proses pendaftaran?
Sipol itu sistem dan teknologi yang dibikin manusia. Tentu saja tidak sempurna. Akan tetapi, kami punya data lengkap kapan sipol down, kapan dilakukan maintenance. Kami punya data, dan itu tidak signifikan dalam memengaruhi keberhasilan atau kegagalan suatu parpol untuk memasukkan data. Buktinya, 14 parpol bisa memanfaatkan waktu yang tersedia dengan baik. (Nur/P-3)

Komentar