Otomotif

Taburan Mobil Listrik Konsep di Tokyo Motor Show

Kamis, 19 October 2017 09:10 WIB Penulis: Nurtjahyadi

DOK. MITSUBISHI

KE depan, mobil listrik tampaknya menjadi primadona di jalanan. Perkiraan tersebut berlandaskan kenyataan bahwa pabrikan mobil Jepang bakal memamerkan aneka mobil listrik mereka di ajang Tokyo Motor Show 2017.

Mitsubishi bakal menghadirkan mobil listrik konsep di pergelaran pada 25 Oktober mendatang itu. Namanya e-Evolution Concept. Para pecinta otomotif tentu tidak asing dengan sedan Evolution yang berhasil menempatkan Mitsubishi di deretan papan atas ajang kejuaraan reli dunia World Rally Championship (WRC).

Kali ini nama Evolution terbaru bukan lagi berbentuk sedan yang kita kenal, melainkan telah berevolusi menjadi sosok yang lebih menyerupai crossover. Karena sumber dayanya berubah, statusnya pun berganti menjadi high-performance all electric crossover.

Konsep e-Evolution merupakan perpaduan teknologi terbaik karena memiliki fleksibilitas sport utility vehicle (SUV) yang bisa dibawa ke mana saja berkat sistem penggerak all-wheel drive. Konsep SUV Coupe bertenaga listrik tersebut menggunakan tiga motor unit listrik.

Satu unit berada di poros roda depan dan dua unit ditempatkan di poros roda belakang. Itu dikawinkan dengan fitur Torque Vectoring Yaw Control unit berpengendali elektronik untuk mendapatkan handling yang lebih tajam dan lebih baik.

Mitsubishi mengklaim e-Evolution memiliki ‘otak’ sendiri yang berasal dari sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang dapat merasakan perubahan kondisi lalu lintas dan jalan serta membaca kemauan pengemudi lalu mengoordinasikan input pengemudi dengan performa kendaraan.

Yang lebih canggih lagi, sistem yang dimiliki AI e-Evolution mampu melatih pengendara di belakang kemudi untuk bisa menjadi seorang pengemudi yang lebih baik melalui instruksi suara dalam format dialog serta petunjuk pada layar displai lebar di bagian dasbor.

Mobil konsep e-Evolution akan menjadi salah satu dari 12 model yang akan ditampilkan Mitsubishi seperti Eclipse Cross Coupe SUV, Outlander PHEV, Delica D:5, eKCustom, eK Space Custom, RVR, dan beberapa model Mitsubishi lain.

Sports EV Concept
Honda disebut-sebut bakal meluncurkan mobil listrik konsep perdana bernama Sports EV Concept di pameran otomotif terbesar di Jepang itu.

Bicara desain Sports EV Concept, mobil ini akan punya siluet yang cantik, wajah yang bersahabat, dan lekukan bodi yang halus. Semua desainnya menyatu sebagai gaya hidup. Sketsa yang ditunjukkan memperlihatkan mobil Coupe dengan lampu belakang kotak.

Bukan cuma Sports EV Concept, jajaran kendaraan listrik Honda juga diboyong. Sebut saja Honda Urban EV Concept, Honda NeuV, dan All-New Honda CR-V.

Mobil Urban EV Concept dipastikan menjadi produk masa depan dari Honda untuk perkotaan. Namun, nasib Sport EV Concept belum ada kepastian. Mayoritas mobil konsep yang dipajang itu bakal mengusung teknologi AI, autonomous driving, dan mesin listrik.

Honda juga menampilkan model baru untuk merayakan produksi Super Cub ke-100 juta unit pada Oktober serta memperlihatkan sejarah 60 tahun Super Cub, model Super Cub terkini, dan masa depan Super Cub.

Toyota tidak mau kalah dengan membawa jajaran mobil konsep terbarunya berjuluk Concept-i Series. Ini merupakan mobil listrik otonom yang dilengkapi AI dengan jangkauan sejauh 186 mil atau sekitar 300 kilometer.

Yui, panggilan AI milik Toyota, diklaim dapat memproses berbagai sinyal, di antaranya pola mengemudi, emosi, serta waktu dan tujuan berkendara.

Teknologi untuk meningkatkan keselamatan berkendara tidak ketinggalan. Ada fitur yang mengenali rangsangan visual dan haptic sebagai pemantauan kondisi jalan yang memungkinkan penonaktifan mode self-driving setiap saat.

Tim peneliti desain Toyota Calty bekerja sama dengan company’s innovation hub menjadi perancang Concept-i.Dengan sistem komputer yang lebih cerdas, pengoperasiannya menggunakan sistem cahaya dan suara. Misalnya, cahaya di kabin dapat menunjukkan mobil dalam mode menyetir otomatis atau manual. (MTVN/S-4)

chadie@mediaindonesia.com

Komentar