Film

Panasonic Gelar Kompetisi Young Filmmaker 2017

Senin, 16 October 2017 17:43 WIB Penulis: Syarief Oebaidillah

Ist

KOMPETISI film pendek bagi anak muda Indonesia kembali digelar dalam tajuk Panasonic Young Filmmaker (PYFm) 2017. Periode pengumpulan karya pergelaran bertema 'Inspire' itu akan berlangsung hingga akhir tahun ini.

"Dalam kompetisi film pendek Young Filmmaker 2017 ini terdapat tambahan kategori, yakni film pendek dan video online," ungkap Manajer Pemasaran dan Komunikasi PT Panasonic Gobel Indonesia, Agung Ariefiandi, saat memberikan keterangan di FX Senayan, Jakarta, Senin (16/10).

Dalam keterangannya, Agung menyebutkan, kategori film pendek ditujukan untuk karya berdurasi maksimal 15 menit bergenre drama, komedi, horor, serta film laga. Sedangkan untuk video online yang dikirim ke PYFm 2017 harus ditayangkan di platform YouTube, berupa vlog, video tutorial, videografis, video montage, atau video komersil dengan durasi maksimal 5 menit.

Pada kompetisi kali ini, Panasonic menggandeng pakar berpengalaman di dunia film dan video online seperti sutradara Anggy Umbara, pimpinan DSLR Cinematography Indonesia, Benny Kadarhariarto, aktor yang kini bergerak di bidang video online, Christian Soegiono, serta blogger sekaligus sinematografer, Goenrock.

Agung menambahkan, bagi peserta yang ingin berpartisipasi pada even ini dapat mengirimkan karya mereka melalui email, CD/DVD, dan mengunggah di YouTube untuk video online, pada periode 16 Oktober hingga 31 Desember 2017. Adapun informasi mengenai kompetisi dapat diakses di laman resmi Lumix Indonesia. PYFm 2017 akan mengumumkan tiga juara dari tiap kategori pada 20 Januari 2018.

Menurut Anggy Umbara, kegiatan seperti ini sangat penting bagi insan yang tertarik dengan dunia perfilman dan harus diperbanyak.

"Saya optimistis melalui kompetisi yang digelar Panasonic ini akan dapat melahirkan karya-karya bagus serta muncul talenta baru," ujarnya.

Senada, Benny juga yakin kompetisi tersebut akan dapat melahirkan bibit unggul dari berbagai daerah yang ada di Tanah Air, seperti ia sempat menyaksikan potensi anak muda di Banjarmasin yang menampilkan karya cukup baik dan potensial. (RO/OL-2)

Komentar