Lingkungan

Pulau Sebuku Terancam Tenggelam

Ahad, 15 October 2017 05:31 WIB Penulis: H-3

MI/Sumaryanto Bronto

AKTIVIS penyelamat lingkungan yang tergabung dalam Komite Aksi Penyelamat Kotabaru (Kapak) meminta pemerintah pusat dan daerah memperhatikan keselamatan Pulau Sebuku di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), dari aktivitas pertambangan.

Ketua Komite Aksi Penyelamat Kotabaru Kalsel Usman Pahero mengatakan kondisi lingkungan Pulau Sebuku semakin buruk dengan indikasi terjadinya intrusi air laut ke daratan. Menurutnya, kerusakan lingkungan akibat eksploitasi tambang batu bara dan bijih besi di pulau tersebut terjadi sejak 1990.

Bila terus dieksploitasi, pulau kecil itu dikhawatirkan akan tenggelam. Bahkan, aktivitas pertambangan juga telah memicu konflik antara warga setempat dan perusahaan terkait dengan pencemaran lingkungan dan hilangnya mata pencaharian warga.

Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalsel Hegar Wahyu Hidayat menambahkan aktivitas pertambangan di Pulau Sebuku tidak meningkatkan kesejahteraan warga sekitar. "Mayoritas warga hidup dalam kemiskinan dan belum menikmati pendidikan, kesehatan, listrik, serta air bersih," ujarnya.

Komentar