Pesona

Gemuruh Seba dan Cristina

Ahad, 15 October 2017 05:16 WIB Penulis: M Taufan SP Bustan

M Taufan SP Bustan

Menapaki 25 tahun berkarya, pasangan Sebastian Gunawan dan Cristina Panarese menghadirkan koleksi label Sebastian Gunawan yang memadukan gaya 40-an hingga 60-an dengan rasa masa kini.

JUMPSUIT berwarna biru petroleum itu tampil makin sofistikasi dengan lipatan di kedua sisi yang membentuk aksen sayap. Padanan luarnya ialah jaket yang sarat detail. Motif-motif melingkar dan garis yang timbul pada keseluruhan jaket itu dibuat dari lipatan-lipatan pita. Tampilan totalnya tetap menyatu dengan jumpsuit karena dominasi warna biru senada. Namun, ada pula sedikit aksen berbeda dengan pilihan warna oranye terang di beberapa bagian jaket.

Set busana itu pun menjadi salah satu wujud yang pas dari tema whisper/roar yang dipilih pasangan Sebastian Gunawan dan Cristina Panarese untuk koleksi terbaru label Sebastian Gunawan mereka. Lipatan-lipatan kecil pita seolah menggambarkan rangkaian bisikan. Semula lembut, lama-kelamaan semakin banyak dan menjadi kuat.

Namun, makna whisper/roar nyatanya bukan hanya tentang desain pada malam itu. Ditemui sebelum peragaan di Grand Ballroom Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta, Selasa (10/10), Sebastian menjelaskan whisper/roar mengandung filosofi 'yang menceritakan 25 tahun perjalanan tersebut. Dari bisik-bisik, semakin nyaring, dan berubah menjadi label yang bergemuruh'.

Label adibusana tersebut memang kini telah menjadi salah satu label papan atas Indonesia. Kematangan desain dan citra yang dimilkinya telah begitu kuat dikenal hingga penggemarnya pun tidak sedikit dari kalangan selebritas.

Untuk perayaan perjalanan karier itu, Seba dan Cristina mengeluarkan 82 set busana dengan paduan rasa masa lalu dan kekinian. "Whisper/roar mengeksplorasi kekayaan romantisme gaya berbusana era 40-an, 50-an, dan 60-an yang menyublim menjadi gaya dengan cita rasa dan aroma sangat masa kini," aku desainer yang akrab disapa Seba itu.

Gaya 1940- yang terlihat dalam siluet gaun lurus yang seakan berbisik tenang tetapi sekaligus meneriakkan tawaran baru lewat detail bergambar malaikat kecil yang tersusun dari butiran swarovski.

Inspirasi gaya new look 1950-an dihadirkan dalam rancangan rok lebar mengembang dari bahan lace laku berlengan puf yang diperkaya dengan detail pita yang dilipat, ditekuk, dijahit tindas di sekujur busana. Ini pula yng terlihat pada set busana jaket-jumpsuit tadi.

Soal teknik lipat pita, Cristina mengatakan ada pula lipatan bergaya anyaman. "Terdapat pula pita yang dijalin selayaknya anyaman keranjang bambu berukuran besar dengan hasil akhir yang memberi kesan indah," tambah Cristina yang penjelasannya dapat dilihat di gaun dengan rok lebar. Lipatan pita membentuk motif melengkung serupa hati di bagian dada dan motif tumpukan layaknya kerang di bagian rok. Itu menciptakan kesan yang sangat atraktif, sedangkan penggunaan bahan kaku dan crispy ala 1960-an menggenapkan koleksi ini.

Permainan lengan dan jumper dress

Di sela-sela busana yang ditampilkan di depan ribuan pecinta mode Tanah Air ini, menyelinap jumper dress bersiluet lurus nan unik karena terlihat seperti gaun panjang saat model yang mengenakan berdiri tegak dan bersalin rupa dalam sekejap menjadi jumper saat model bergerak. Jumper dress ini dihadirkan dalam warna biru lembut dengan aksen bunga-bunga kecil di dada dan ada pula dalam warna pink lembut dengan lengan cape panjang.

Soal permainan siluet lengan ini dikatakan Seba juga menjadi keunggulan koleksi itu. "Lengan lurus, bervolume, bertumpuk, pendek, panjang, mengayakan siluet tampak dari semua koleksi," jelasnya

Untuk bahan, Seba dan Cristina cenderung memilih yang bernilai vintage, di antaranya bahan tebal bertekstur dan bermotif dari hasil tenun (damask), jenis sutra mewah dan berat yang cocok untuk memberi struktur gaun (mikado). Ada pula bahan sifon, lame matelasse, dan lace yang dijahitkan kepingan batuan di permukaannya. Hingga terlihat pula sejenis kulit imitasi yang memberi nilai tambah pada tampilannya. Sekali lagi Seba dan Cristina berhasil membuat koleksi yang penuh gemuruh. (M-3)

Komentar