Nusantara

Bangka Canangkan 8 Kampung KB

Jum'at, 13 October 2017 16:12 WIB Penulis: FR

MI/Rendy Ferdiansyah

UNTUK kesejahteraan masyarakat sehinga terwujud keluarga yang berkualitas, Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel) mencanangkan 8 Kampung Keluarga Berencana (KB)

Bupati Bangka Tarmizi Saat mengatakan program Kampung KB ini sudah dicanangkan secara serentak, tetapi untuk Kabupaten Bangka, pencanangannya dilakukan di Desa Sempan, Kecamatan Pemali.

Dia menyebutkan 8 Kampung KB yang dicanakan di Bangka tersebar di 8 kecamatan. "Kampung KB ini untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas sehingga dapat menekan angkat kematian ibu dan anak. Khusus di Pulau Bangka ada 8 kampung yang kita canangkan, tersebar di 8 kecamatan," kata Tarmizi.

Menurut Tarmizi, program Kampung KB ini akan terintegrasi dengan program lainya seperti perburuan ibu hamil berisiko tinggi dan Bang Muda, Bangka Muda mendapatkan akte.

Disebutkan Tarmizi, dalam Kampung KB telah disusun perencanaan pembangunan yang meliputi kesehatan, pendidikan, dan sosial kemasyarakatan agar dapat meningkatkan kesejahteraan.

"Saya harapkan 8 Kampung KB yang kita canangkan ini dapat memberikan manfaat terhadap masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dengan dua anak cukup," harap dia.

Sementara itu Gubernur Provinsi Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan mengatakan Kampung KB merupakan program kinerja bersama antara PKK, TNI, Polri, dan BKKBN, yang harus terus dibina secara terus menerus.

"Untuk di Babel ini, kalau saya tidak salah sudah ada 48 Kampung KB. Ini harus terus kita bina tidak boleh tidak," kata Erzaldi.

Erzaldi minta permasalahan KB jangan hanya tanggung jawab istri, tetapi suami juga harus demikian. Sebab, untuk suami sudah ada yang namanya KB Fasektomi.

"Suami jangan enaknya saja, masa yang ber KB istri terus, kan sudah ada KB untuk suami," tuturnya.

"Saya Bangga dengan Bangka, mereka konsen masalah kesehatan, makanya saya yakin Kampung KB di Bangka dapat berjalan dengan baik," ucap Erzaldi.

Dengan tingginya angkat kepesertaan KB, dirinya yakin angka pertumbuhan penduduk khususnya di Babel ini dapat diatasi. Sehingga masyarakat Babel dapat makmur dan sejahtera.(OL-5)

Komentar