Sepak Bola

Menanti Taktik Mou di Anfield

Jum'at, 13 October 2017 01:44 WIB Penulis: Satria sakti utama satria@mediaindonesia.com

AP Photo/Ivan Sekretarev

AKHIR pekan ini duel legendaris antara Liverpool dan Manchester United akan tersaji di Anfield dalam lanjutan Liga Primer Inggris. Yang menarik adalah mengulas cara bermain yang akan dipertontonkan pelatih Manchester United Jose Mourinho di kandang Liverpool besok malam. Musim lalu Mou, sapaan Mourinho, diserang kritik karena tampil bak pecundang dengan hanya mengandalkan skema ‘parkir bus’ di Anfield. Anak asuhnya hanya menguasai 35% penguasaan bola dan sesekali mengancam dengan serangan balik. Skor pun berakhir dengan kedudukan kacamata.

Akan tetapi, situasi saat ini tentu jauh berbeda. Manchester United saat ini memimpin puncak klasemen bersama rival sekotanya Manchester City. Rekor tidak terkalahkan semakin menambah mentereng penampilan ‘Setan Merah’. Perbedaan lainnya ialah daya ledak penyerang United yang kini lebih efektif. United menjadi salah satu tim paling subur dengan catatan 21 kali memasukkan gol dalam tujuh laga Liga Primer, satu gol lebih sedikit dari Manchester City.

Meskipun demikian, legenda sepak bola Liverpool Kenny Dalglish melihat Mourinho dan United tidak akan mengubah ide permainannya ketika mengunjungi Anfield kali ini.
“Tiga musim lalu, Mourinho menukangi Chelsea dan dia melakukannya dengan baik (bermain bertahan). Dia kembali ke Anfield dengan United musim lalu dengan filosofi yang sama dan kali ini dia akan kembali dalam pertandingan ini, saya yakin dia akan berhati-hati lagi di Anfield,” ujar mantan pelatih Liverpool tersebut.

Tes ketajaman Lukaku
Dalam duel dua Merah kali ini, sorotan utama bakal tertuju kepada penyerang Manchester United, Romelu Lukaku. Pemain Belgia tersebut sejauh ini tampil luar biasa. Ia mencetak 11 dari 10 penampilan sejak didaratkan dari Everton dengan mahar 75 juta poundsterling musim panas lalu. Lukaku dikabarkan mengalami cedera engkel dan absen saat membela negaranya mengalahkan Bosnia 4-3 pada Sabtu (7/10) lalu. Namun, Lukaku telah merumput dan mencetak gol ketika Belgia menaklukkan perlawanan Siprus 4-0 pada Rabu (11/10). Kondisi itu menyiratkan Lukaku akan mengisi starting eleven pada kunjungan timnya ke Anfield.

“Lukaku beradaptasi dengan brilian dan telah menyelesaikan apa pun yang ditugaskan kepadanya untuk meraih kemenangan,” kata mantan kapten Manchester United Gary Neville. Neville menambahkan, duel kontra Liverpool akan menjadi tes selanjutnya bagi Lukaku. Penyerang 24 tahun sering kali tidak tampil dengan performa terbaik saat masih berada di Everton ketika berhadapan dengan Liverpool. “Dia tidak bermain baik di Everton jadi ini langkah selanjutnya untuknya. Pergi ke Anfield akan menjadi ujian besar baginya,” imbuhnya.

Bertandang ke Anfield, Manchester United dipastikan tidak akan bisa menurunkan kekuatan terbaik. Marouane Fellaini mengikuti jejak Paul Pogba yang harus menjalani perawatan akibat cedera lutut yang dialami saat membela Belgia pekan lalu. Absennya dua pemain tersebut membuat Mourinho kemungkinan akan menempatkan Ander Herrera untuk berpasangan dengan Nemanja Matic mengisi lini tengah Setan Merah. (Skysports/AFP/R-2)

Komentar