Polkam dan HAM

Capai 100% Kepengurusan, NasDem Lampaui Syarat Verifikasi Parpol ke KPU

Kamis, 12 October 2017 17:35 WIB Penulis: Putra Ananda

MI/FERDIAN

PARTAI NasDem melampaui syarat verifikasi pendaftaran partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019 dengan menyerahkan 100% berkas kepengurusan hingga tingkat terbawah ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). 100% berkas kepengurusan yang akan diserahkan ke KPU tersebut terdiri dari 34 Dewan Pengurus Wilayah (DPW) untuk provinsi, 514 Dewan Pengurus Daerah (DPD) untuk kabupaten/kota, dan 7.194 Dewan Pengurus Cabang (DPC) untuk tingkat kecamatan.

"Kita memang mengejar 100%, sehingga semua berkas kepengurusan kita akan daftarakan ke KPU," jelas Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu DPP NasDem Willy Aditya saat ditemui di kantornya yang beradadi Gedung DPP NasDem, Jakarta, Kamis (12/10).

Diberitakan sebelumnya, NasDem akan melakukan pendaftaran sebagai Parpol peserta Pemilu 2019 ke KPU pada Jumat pagi (13/10) esok. Sebelumya, KPU mensyaratkan bahwa setiap calon parpol peserta Pemilu 2019 wajib menyerahkan berkas kepengrusan partai di 100% provinsi, 75% kabupaten kota, dan 50% kecamatan yang sebelumnya telah diunggah terlebih dahulu ke Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) milik KPU.

"NasDem melampaui syarat yang ditentukan KPU, kita semuanya 100% hingga ke tingkat kabupaten kota serta kecamatan bahkan di Kalimantan Utara sekalipun," jelas Willy lebih lanjut.

Bukan tanpa alasan NasDem menyerahkan 100% kepengurusannya kepada KPU. Willy menuturkan, NasDem ingin membuktikan kepada partai-partai lain dan juga kepada masyarakat bahwa NasDem merupakan partai dengan kepengurusan administrasi yang baik. Selain itu, NasDem juga ingin mempertahankan gelar sebagai partai tertib administrasi terbaik yang pernah diraih saat proses pendaftaran sebagai partai pada 2013 lalu.

"Pada 2013 NasDem memperoleh predikat sebagai parpol nomor 1 yang tertib administrasi, kita ingin mempertahankan posisi itu. Bahkan kita juga ingin KPU dapat mempublish hasil akhir proses pendaftaran dari syarat-syarat yang sudah masuk ke KPU," ungkapnya.

Selain untuk mempertahankan gelar sebagai partai tertib administrasi terbaik, Willy menturkan salah satu alasan NasDem menjangkau seluruh kepengurusan partainya hingga 100% ke tingkat terbawah adalah untuk menjangkau para pemilih. NasDem menyadari, saat ini partainya masih belum memiliki basis pemilih tradisional layakanya partai-partai lain yang sudah ada sebelumnya.

"Kita giat karena partai lain memiliki basis pemilih tradsional, sedangkan NasDem belum. Satu-satunya jalan untuk mengkonsolidasikan pemilih itu berarti kita harus punya struktur hingga tingkat paling bawah," jelasnya. (OL-3)

Komentar