Megapolitan

Penyelidikan Polisi soal Reklamasi hanya karena ada Polemik

Kamis, 12 October 2017 16:03 WIB Penulis: Akmal Fauzi

ANTARA

DIREKTORAT Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya tengah menelisik proyek reklamasi Teluk Jakarta. Hal itu dilakukan lantaran adanya polemik di masyarakat ihwal proyek tersebut.

"Penyidik berusaha menggali informasi, data, aturan dan norma hukum yang mendasari pembangunan reklamasi," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Adi Deriyan Jayamarta, Kamis (12/10).

Penyelidikan dilakukan untuk mengetahui apa saja yang berkaitan dengan proyek reklamasi di wilayahnya, termasuk mengenai aturan, norma hukum, dan dampaknya.

Penyidik, kata Adi, akan mencari data tentang pembangunan proyek reklamasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

"Pasti kami bicara dengan KKP, karena itu kementerian yang menaungi terkait masalah proyek reklamasi," ujar Adi.

Melalui Tim Unit Kerja Sumber Daya Lingkungan (Sumdaling), pihaknya mencari data lengkap mengenai proyek reklamasi, sehingga, permasalahan yang sebenarnya terjadi bisa diketahui.

"Makanya saya perintahkan pada Tim Unit Kerja Sumdaling untuk membuat hasil laporan mengenai reklamasi secara lengkap," kata Adi.

Pun demikian, Adi menuturkan bahwa hingga saat ini pihaknya belum mendapat temuan pelanggaran hukum dari proyek reklamasi.

"Belum ada temuan pelanggaran hukum, karena laporan hasil lidiknya ini masih berjalan," ungkap Adi.

Adi menegaskan, polisi dalam penyelidikannya tidak bisa berandai-andai menetapkan pelanggaran. Hal itu, harus didasari dengan fakta hukum.

"Kami kan nggak bisa berandai-andai ada pidananya atau tidak. Saat ini penyidik sedang bekerja," tegasnya. (OL-6)

Komentar