Ekonomi

Kebijakan Kemudahan Berinvestasi Disosialisasikan di TEI 2017

Kamis, 12 October 2017 15:44 WIB Penulis: Gabriela Jessica Restiana Sihite

ANTARA

DIREKTUR Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional (PPI) Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo menyampaikan kebijakan yang memberikan kemudahan berusaha dan berinvestasi di Indonesia dalam perhelatan rade Expo Indonesia (TEI) 2017.

Pihaknya mempersilahkan kementerian dan lembaga terkait menyampaikan terobosan kebijakan dalam seminar Trade, Tourism, and Investment (TTI).

“Sebagai bagian dari satuan tugas percepatan dan efektivitas pelaksanaan kebijakan ekonomi, kami mempunyai tugas mengampanyekan dan mendiseminasikan kebijakan ekonomi yang baru. Oleh karena itu momen ini sangat tepat dan perlu dilaksanakan,” kata Iman.

Adapun Forum TTI yang berlangsung pada 12 – 14 Oktober 2017 juga didukung Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI/Indonesia Eximbank).

"Kolaborasi perdagangan, pariwisata, dan investasi akan menghasilkan kemajuan pembangunan ekonomi yang signifikan. Ketiganya saling terkait dan mendukung peningkatan satu sama lain dalam perekonomian,” tegas Iman di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kota Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, Banten, seperti dilansir keterangan resmi, Kamis (12/10).

Sementara itu, terkait paket kebijakan ekonomi untuk menyederhanakan perizinan dan waktu pengurusan izin, saat ini Kemendag telah memotong 49 perizinan dan sebanyak 98 perizinan dilakukan secara online.

Dari 98 perizinan online tersebut, sebanyak 47 perizinan menggunakan tanda tangan digital. Penyederhanaan itu, nilai Iman, dapat meningkatkan persaingan usaha.

"Kami juga memfasilitasi para peserta UKM dan calon eksportir yang akan mengekspor produk mereka ke negara tujuan ekspor untuk berdiskusi langsung secara individual dengan para Kepala Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI), Atase Perdagangan, Konsul Perdagangan, dan Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) melalui business counseling,” tutur Iman. (OL-6)

Komentar