On This Day

2002: Tragedi Bom Bali

Kamis, 12 October 2017 11:37 WIB Penulis:

AP

TRAGEDI ini merupakan aksi teroris terbesar di Indonesia dan menjadi sejarah paling hitam sepanjang 2002. Bom meledak di dua diskotek yang banyak dikunjungi turis asing di kawasan Kuta. Korban tewas sebanyak 202 orang dan 209 lainnya luka-luka yang kebanyakan berasal dari Australia.

Tragedi ini menyeret Abu Bakar Ba’asyir, pemimpin organisasi Jemaah Islamiyah, yang memiliki keterlibatan dalam pengeboman. Bom meledak pada pukul 23.05 di saat diskotek ramai pengunjung.

Ledakan pertama di Diskotek Paddy’s. Bom disimpan dalam tas punggung dan diledakkan dengan cara bunuh diri. Lima belas detik kemudian bom kedua seberat 1.000 kg yang berada dalam sebuah Mitsubshi Colt.

Mobil diparkir di depan Sari Club dan diledakkan dari jarak jauh. Horor dan kepanikan yang terjadi sangat luar biasa. Rumah sakit lokal tidak mampu menangani korban yang jatuh serempak.

Beberapa korban dengan luka bakar parah diterbangkan ke rumah sakit di Darwin, Australia. Bekas ledakan di depan Sari Club berupa lubang sedalam 3 kaki. Untuk mengenang para korban, didirikan monumen di lokasi ledakan.

Komentar