On This Day

1928: Paru-Paru Buatan Pertama

Kamis, 12 October 2017 11:34 WIB Penulis:

WIKIPEDIA

PARU-PARU buatan (iron lung) pertama dioperasikan di Rumah Sakit Anak Boston AS. Alat bantu pernapasan itu berwujud mesin berukur­an besar, berfungsi menggantikan fungsi otot pernapasan yang gagal. Cara kerja iron lung mencirikan kerja paru-paru.

Alat ini dibuat Philip Drinker dan Louis Agassiz Shaw dari Kedokteran Universitas Harvard. Pengguna pertama ialah seorang anak penderita gagal fungsi paru-paru dan sudah dalam keadaan tidak sadar.

Perubahan kondisi anak itu terjadi hanya dalam waktu singkat setelah terapi dengan paru-paru buatan. Saat merebaknya polio pada 1940-1950, alat ini banyak dipakai menolong penderita. Rumah sakit anak di Boston, tempat yang paling banyak menangani kasus tersebut, dipenuhi dengan jejeran paru-paru buatan ini.

Penggunaan vaksin dipadu dengan terapi iron lung terbukti mampu menolong penderita dengan cepat. Sampai sekarang, iron lung sudah banyak mengalami perubahan dan peningkatan kualitas dan peranannya dalam dunia kedokteran semakin penting.

Akan tetapi, pada kasus khusus seperti sindrom odine, sering terjadi kegagalan fungsi pada pusat saraf pengatur kerja paru-paru sehingga pasien tidak memiliki kontrol pernapasan. Alat ini tetap dapat bekerja walau tidak memberi hasil sebaik kasus lain.

Komentar