On This Day

1901: Roosevelt Namai Gedung Putih

Kamis, 12 October 2017 11:32 WIB Penulis:

WIKIPEDIA

GEDUNG Putih ialah rumah resmi sekaligus tempat kerja presiden Amerika Serikat yang dibangun dengan gaya Georgia dan berlokasi di 1600 Pennsylvania Avenue NW, Washington DC. Kongres membebankan pembangunan gedung itu di bawah arahan presiden.

Arsiteknya dipilih lewat kompetisi. Mereka menerima sembilan proposal, termasuk satu proposal yang diajukan Thomas Jefferson.

Pembangunan gedung dimulai pada 13 Oktober 1792 dengan para budak dan kaum imigran yang menjadi pekerjanya. Pembangunan itu membutuhkan waktu sewindu dengan biaya US$232.371,83.

Walaupun belum sepenuhnya utuh, Gedung Putih sudah siap ditempati pada 1 November 1800 dan ketika pembangunan akhirnya selesai, batu parasnya dilapisi dengan campuran limau, lem beras, kasein, dan timah yang memberi gedung itu warna putih yang kemudian disandang sebagai namanya.

Gedung itu memiliki banyak nama, di antaranya istana presiden dan rumah presiden. Namun, nama yang akhir­nya bertahan adalah Gedung Putih. Bukti paling awal pe­nyebutan bangunan tersebut sebagai ‘Gedung Putih’ ber­asal dari 1811.

Namun, nama itu baru resmi digunakan ketika Presiden Theodore Roosevelt mengukir nama tersebut di atas kertas surat kepresidenan pada 12 Oktober 1901.

Komentar