Ekonomi

JK Berseloroh Soal Brexit di Hadapan Pejabat Inggris-ASEAN

Kamis, 12 October 2017 08:14 WIB Penulis: Irvan Sihombing/Laporan dari London

AFP/EMMANUEL DUNAND

WAKIL Presiden Jusuf Kalla dua kali berseloroh mengenai keluarnya Inggris Raya dari keanggotaan Uni Eropa atau Brexit saat ia menghadiri resepsi peringatan 50 Tahun ASEAN. Acara yang merupakan inisiatif Inggris itu dihadiri sejumlah pejabat penting Inggris seperti Mark Field, Richard Graham, Kevan Watts, serta duta besar dan Komisioner Tinggi dari Negara-Negara ASEAN di London.

Kali pertama ialah saat mengawali sambutan. JK mengatakan dirinya baru saja melakukan kunjungan kerja ke Belgia yang tak lain ibu kota tidak resmi Uni Eropa. JK memastikan bahwa kunjunganya selama tiga hari di Belgia tidak ada hubungannya dengan Brexit.

Kali kedua ialah saat JK menyebutkan bahwa isu Brexit telah mengalahkan kebiasaan para penduduk Inggris yang sering bertanya soal cuaca.

"Selama perjalanan saya di London, saya terkejut bahwa ternyata isu Brexit telah menggeser percakapan sosial mengenai cuaca," seloroh JK lagi di Lancaster House, London, Inggris, Rabu (11/10) malam waktu setempat.

Dalam pokok pidatonya, JK memastikan masa depan perdagangan Inggris Raya dan ASEAN sangat cerah. Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara saat ini berada di urutan ke-3 partner perdagangan terbesar Inggris. Seiring dengan itu, ASEAN diprediksi akan menjadi pangsa pasar terbesar keempat di dunia pada 2030.

"Saya yakin kerja sama kita akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang mengingat ASEAN diprediksi akan menjadi pangsa pasar terbesar keempat di dunia pada 2030," ucap JK. (OL-6)

Komentar