Sepak Bola

Trigol Messi Kubur Sejarah Kelam

Rabu, 11 October 2017 23:45 WIB Penulis: Satria Sakti Utama satria@mediaindonesia.com

AFP PHOTO / Pablo COZZAGLIO

SKUAT Tango Argentina punya utang yang besar ke Lionel Messi setelah menang 3-1 atas tuan rumah Ekuador di Quito pada laga kualifikasi Piala Dunia zona Conmebol, Rabu (11/10). Trigol Messi ­akhirnya menghindarkan Argentina dari sejarah kelam gagal melaju ke putaran final Piala Dunia, layaknya pada 1970 silam.
Argentina finis di peringkat ketiga zona Amerika Latin, dengan koleksi 28 poin. Tim juara dunia dua kali dan finalis edisi terakhir itu meraih tiket langsung tampil di Rusia tahun depan.

“Saya katakan kepada tim, Messi tidak berutang Piala Dunia untuk Argentina, tapi sepak bolalah yang berutang Piala Dunia untuk Messi,” klaim pelatih Argentina Jorge Sampaoli.
Ancaman kegagalan bagi Albiceleste sempat membesar setelah Romario Ibarra men­cetak gol kilat di menit pertama. Ekuador pun bermain lebih dominan. Namun, lemahnya lini bertahan La Tricolor julukan Ekuador membuat Messi leluasa bergerak. Tiga gol si ‘Kutu’ julukan Messi pun tercipta, dua di babak pertama (12’ dan 20’) dan satu di paruh kedua (62’).

Bintang Barcelona itu tidak menampik ada kekhawatiran di dalam tim sebelum pertandingan. Pasalnya, hasil imbang atau kalah di Quito akan menyebabkan Argentina bisa gagal ke Rusia 2018. “Selalu ada ketakutan bermain di sini. Beruntung kami bereaksi dan menjaga permainan. Kami santai dan mencetak gol, itu yang terpenting. Merupakan suatu yang gila jika kami tidak lolos,” ujar Messi.

Selain meloloskan Argentina, trigol Messi membuatnya menjadi pemain pertama dengan torehan 21 gol sepanjang berki­prah di ajang kualifikasi Piala Dunia zona Conmebol.
Di bagian lain, kejutan terjadi dengan tersisihnya Cile. Juara Copa Amerika dalam dua edisi terakhir itu terdepak setelah kalah 0-3 dari tuan rumah Brasil. Gol Paulinho dan dua gol dari Gabriel Jesus menjadi penghalang langkah Cile. Seusai pertandingan, pelatih Cile Juan Antonio Pizzi resmi melepas jabatan.

Selain Argentina dan Brasil, dua tim yang melenggang langsung ke Rusia ialah Uruguay serta Kolombia. Peru yang me-nempati peringkat kelima setelah berbagi skor 1-1 dengan Kolombia bakal melakoni play-off melawan kampiun Oseania, Selandia Baru.

Capaian senada
Beberapa jam sebelumnya dari zona Eropa, rival Lionel Messi, Cristiano ­Ronaldo, juga tersenyum. Bintang Real Madrid itu juga sukses menghantarkan negaranya, Portugal, lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Bedanya Ronaldo tidak berperan banyak dalam kemenangan 2-0 atas Swiss di laga terakhir Grup B babak kualifikasi zona Eropa.
Kemenangan Selecao das Quinas--juluk-an Portugal--tercipta akibat gol bunuh diri Johan Djourou (41’) dan sepakan jarak dekat penyerang muda Andre Silva di babak kedua. Tiga poin membuat skuat ­asuhan Fernando Santos berhak atas puncak klasemen Grup B. Meski raihan poinnya sama dengan Swiss (27), Portugal unggul dalam selisih gol. (AFP/Goal/R-1)

Komentar