Sepak Bola

Kejutan Besar dari Zona CONCACAF

Rabu, 11 October 2017 23:30 WIB Penulis: Sat

AFP/Ashley Allen/

KUALIFIKASI Piala Dunia 2018 zona CONCACAF melahirkan kejutan besar setelah salah satu tim ­unggulan, Amerika Serikat, dipastikan gagal lolos ke Rusia tahun depan. Sebaliknya Panama yang tidak diperhitungkan justru mampu lolos langsung setelah mampu menempati peringkat ketiga. Yanks, julukan Amerika Serikat, hanya perlu hasil seri melawan tim juru kunci Trinidad dan Tobago di laga terakhir untuk mengamankan posisi empat besar pada putaran kelima babak kualifikasi atau batas meraih tiket play-off. Akan tetapi, kesempatan di depan mata itu dibuang sia-sia oleh Jozy Altidore dan kawan-kawan. Amerika secara mengejutkan kalah 1-2 dari tuan rumah Trinidad dan Tobago di San Fernando, Rabu (11/10).

Kekalahan itu membuat Amerika kehilangan posisi tiga di klasemen dan hanya menduduki posisi lima dengan poin 12. “Kami tidak seharusnya berada di rumah untuk Piala Dunia ini dan saya mengambil tanggung jawab itu. Kami gagal hari ini dan tidak ada pembelaan. Kami seharusnya keluar dari lapangan ini dengan satu poin,” tutur pelatih Amerika Serikat Bruce Arena.

Saat menghadapi Amerika, the Soca Warriors, julukan Trinidad Tobago, tampil tanpa beban. Berbeda dengan Amerika Serikat yang malah menunjukkan performa tertekan di babak pertama. Hasilnya gol bunuh diri bek Omar Gonzalez dan tendangan jarak jauh Alvin Jones membuat ­Amerika Serikat tampil kian gugup. Amerika hanya mampu membalas satu gol di babak kedua berkat usaha gelandang muda Christian Pulisic.

Sementara itu, Panama yang menang 2-1 atas Kosta Rika merebut posisi tiga dengan poin 13 dan lolos langsung ke Rusia. Honduras menempati posisi empat dan akan melawan wakil Asia, Australia, di babak play-off setelah menundukkan Meksiko 3-2. Meski memiliki poin sama dengan Panama, Honduras kalah selisih gol. Presiden Panama Juan Carlos Varela menetapkan hari libur nasional setelah tim asuhan Hernan Dario Gomez itu lolos ke putaran final Piala Dunia untuk pertama kalinya. “Ini hari bersejarah bagi Panama. Seluruh lembaga publik dan sektor pekerja akan libur,” tulis sang Presiden di akun Twitter-nya. (Sat/AFP/R-2)

Komentar