Properti

Pemerintah kian Gencar Bantu MBR Miliki Rumah

Sabtu, 7 October 2017 07:15 WIB Penulis:

Ist

PEMERINTAHAN Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla semakin intens membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) agar bisa membeli rumah dengan harga murah.

Program Pembangunan Sejuta Rumah Murah semakin digalakkan. Masyarakat bisa membeli rumah murah dengan harga Rp123 juta cukup dengan angsuran sebesar Rp700 ribu per bulan selama 20 tahun flat.

Jika untuk kontrak atau kos saja saat ini masyarakat membayar Rp500 ribu per bulan, dengan angsuran Rp700.000 per bulan, pilihan membeli rumah murah bersubsidi menjadi sangat menarik. Pasalnya, dengan hanya menambah Rp200 ribu per bulan, MBR sudah bisa memiliki rumah sendiri.

Para buruh atau karyawan, pengusaha kecil menengah, dan lain-lain yang masuk kategori MBR dan selama ini sulit memiliki hunian tempat tinggal bisa bernapas lega. Sebab dengan Program Subsidi Sejuta Rumah Murah yang diluncurkan pemerintah memungkinkan mereka mewujudkan impian memiliki rumah yang selama ini diidam-idamkan.

Berpartisipasi menyukseskan Program Subsidi Sejuta Rumah Murah yang kian digalakkan pemerintah, PT Citrakarsa Properti Jaya bersinergi dengan PT Cana Kusuma Bangsa Indonesia (CKBI) dan C-Design selaku konsultan proyek, mengembangkan perumahan rakyat di berbagai kota, antara lain Jabodetabek, Yogyakarta, Banjarnegara, Pacitan, Salatiga, Boyolali, dan Wonogiri.

Andi Daliandi, pemilik C-Design, konsultan proyek yang telah kondang di mancanegara, bertekad membangun perumahan rakyat sejahtera yang sehat dan layak huni dengan nuansa vila. Hasil karyanya antara lain Bulgary Villa, Amankila, dan Hard Rock Hotel di Bali.

"Pengembangan perumahan rakyat di berbagai lokasi pilihan bertujuan agar masyarakat bisa memilih rumah yang dekat dengan tempat kerja atau usahanya sehingga menghemat energi, waktu, dan biaya transportasi," ujarnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (6/10).

PT CKBI, melalui Komunitas Peduli Bangsa (KPB) Group, memberi berbagai keringanan dan kemudahan bagi MBR bisa memiliki rumah sesuai dengan kemampuan yakni keringanan uang muka, keringanan bunga, keringanan angsuran, dan pendampingan wirausaha/kerja mandiri secara berkelanjutan untuk memperoleh penghasilan tambahan agar dapat meringankan uang muka dan cicilan KPR serta meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Sementara Cana Lestari, selaku pimpinan PT CKBI, menginformasikan bahwa pada Oktober ini,‎ pihaknya meluncurkan program untuk rumah subsidi murah melalui 'Gebyar Subsidi Hari Sumpah Pemuda'.

"Program Pasti Punya Rumah (P3R) banyak diminati karena masyarakat memiliki kepastian bisa punya rumah yang selama ini hanya menjadi impian. Melalui Program P3R dengan subsidi angsuran Rp350 ribu-R700 ribu per bulan masyarakat mendapat garansi pasti punya rumah," katanya. (RO)

Komentar