On This Day

1985: Nurtanio Jadi IPTN

Rabu, 11 October 2017 08:01 WIB Penulis: History | tokohindonesia | Dok.mi

WIKIPEDIA

TEPAT pada tanggal ini, PT Industri Pesawat Terbang Nurta­nio berubah men­jadi PT Indus­tri Pesawat Terbang Nusantara atau IPTN. Nurtanio didirikan di Jakarta pada 26 April 1976 oleh BJ Habibie selaku presiden direktur. Setelah direstrukturisasi, IPTN kemudian berubah nama menjadi Dirgantara Indonesia pada 24 Agustus 2000.
Dirgantara Indonesia tidak hanya memproduksi berbagai pesawat, tetapi juga helikopter, senjata, menyediakan pelatihan, dan jasa pemeliharaan (maintenance service) untuk mesin-mesin pesawat.

Dirgantara Indonesia juga menjadi subkontraktor untuk industriindustri pesawat terbang besar di dunia seperti Boeing, General Dynamic, dan Fokker.
Selain bidang dirgantara, Dirgantara Indonesia mempunyai produk di bidang-bidang nondirgantara, seperti telekomunikasi, otomotif, maritim, teknologi informasi, minyak & gas, automasi dan kontrol, militer, teknologi simulasi, turbin industri, dan layanan teknik. Dirgantara Indonesia pernah mempunyai karyawan sampai 16 ribu orang. Karena krisis ekonomi, banyak karyawan yang dikeluarkan dan karyawannya kemudian menjadi berjumlah sekitar 4.000 orang. Pada awal hingga pertengahan 2000, Dirgantara Indonesia mulai menunjukkan kebangkitan.

Komentar