On This Day

1987: Fiji Menjadi Republik

Selasa, 10 October 2017 10:00 WIB Penulis:

wikipedia

REPUBLIK Kepulauan Fiji adalah sebuah negara kepulauan di selatan Samudra Pasifik. Sebuah catatan menyebutkan kepulauan itu ditemukan penjelajah Belanda bernama Abel Tasman pada 1643.

Kepulauan Fiji menjadi koloni Inggris pada 1874 dan baru berhasil meraih kemerdekaan pada 1970. Fiji diganggu dua kudeta militer pada 1987 yang disebabkan keprihatinan karena pemerintah masa itu didominasi komunitas Indo-Fiji (India).

Setelah kudeta kedua, pemerintahan militer pimpinan Sitiveni Rabuka menyatakan Fiji sebagai republik pada 10 Oktober 1987, tepat 17 tahun setelah Fiji merdeka.
Nama negara tersebut diubah dari Dominion Fiji menjadi Republik Fiji (kelak berubah lagi menjadi Republik Kepulauan Fiji pada 1997).

Sebuah konstitusi pada 1990 menjamin etnik Fiji berkuasa atas Fiji dan menyebabkan emigrasi besar-besaran masyarakat keturunan India, sebuah kehilangan yang dapat menyebabkan kesulitan ekonomi, tetapi menjamin bangsa Melanesia akan menjadi mayoritas.

Baru pada 1997, konstitusi yang lebih setara diciptakan dan diiringi dengan pemerintahan di bawah pimpinan seorang Indo-Fiji. Sayangnya, setahun kemudian pemerintahan itu digulingkan kudeta yang dipimpin George Speight, nasionalis Fiji garis keras.

Komentar