Kuliner

Ini Dia 'Komodo' Terbesar di Dunia

Senin, 9 October 2017 21:34 WIB Penulis: Vicky Gustiawan

MICOM/VICKYG

NAMA komodo pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Satwa yang dilindungi dan hanya ditemukan di Pulau Komodo, NTT, itu merupakan spesies kadal terbesar di dunia dengan rata-rata panjang 2-3 meter. Komodo telah pula dinyatakan sebagai salah satu keajaiban alam di dunia.

Nah, saat ini, komodo bisa disaksikan di Gandaria City Mall, Jakarta. Namun komodo yang satu ini bukanlah komodo sungguhan. Melainkan hanya berupa replika yang terbuat dari 2.000 potongan roti.

"Komodo ini lebih mantap, lebih besar, lebih cakep, lebih gagah dan bisa dimakan," ungkap Founder BreadTalk Indonesia, Johnny Andrean saat konferensi pers di Gandaria City Mall, Jakarta, Senin (9/10).

Komodo dengan panjang 9,49 meter, lingkar badan 3,06 meter, dan lebar 1,10 meter merupakan hasil kerja keras 14 chef pastry BreadTalk Indonesia selama tiga bulan. Pembuatan komodo itu menghabiskan tak kurang dari 200 kg tepung.

Alhasil komodo ini berhasil menorehkan namanya di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai roti komodo terbesar di dunia. Sebelumnya pada 2015 BreadTalk juga berhasil memecahkan rekor MURI berupa gaun yang terbuat dari tumpukan roti.

"Hari ini Anda kembali menciptakan rekor yang luar biasa, bukan hanya rekor nasional tetapi ini rekor dunia bahwa belum pernah di planet bumi ini terjadi pembuatan roti yang dalam bentuk komodo," kata pendiri MURI, Jaya Suprana, yang hadir langsung untuk menyerahkan piagam penghargaan.

Komodo dipilih karena merupakan salah satu ikon pariwisata Indonesia sekaligus maskot perayaan ulang tahun produk franchise asal Singapura itu dengan tajuk ‘Wild Safari’.

"Cita-citanya adalah mempromosikan Indonesia, terutama wisatanya dan pulau-pulaunya, saya sangat terkesan dengan Labuan Bajo dan Pulau Komodo yang begitu indah," tutur CEO Breadtalk Indonesia Tina Andrean, yang turut hadir dalam konferensi pers.

Selain Komodo, BreadTalk juga menampilkan beberapa jenis roti dengan ikon fauna Nusantara seperti merak, monyet, burung, dan binatang laut. Tematik fauna yang terbuat dari roti ini akan dipamerkan di Gandaria City mulai 9-15 Oktober 2017 dan dilanjutkan di dua mal lainnya yaitu, Baywalk Mall (16-22 Oktober 2017) dan Living World Mall (25-30 Oktober 2017). (X-12)

Komentar