Hiburan

Film Dokumenter Spielberg Ditayangkan HBO

Ahad, 8 October 2017 12:36 WIB Penulis: Basuki Eka Purnama

Dok HBO Asia

SALAH satu pembuat film kenamaan dunia Steven Spielberg membuka tabir perjalanan kariernya luar biasa lewat tayangan eksklusif HBO, Spielberg.

Film dokumenter itu mengulas filmografi Spielberg secara mendalam, mengungkap bagaimana pengalaman yang menjadi acuan dan mengubahnya dari waktu ke waktu.

Disutradarai dan diproduseri sosok pembuat dokumenter ternama Susan Lacy, perjalanan luar biasa itu tayang perdana pada waktu yang sama dengan Amerika Serikat pada. Minggu (8/10) pukul 07.00 WIB dengan penayangan ulang primetime di hari yang sama pada pukul 21.00 WIB, eksklusif di HBO.

Steven Spielberg berhasil membuat katalog film inovatif tak tertandingi selama hampir 50 tahun perjalanan kariernya. Menggambarkan evolusi dari tokoh ikonik ini, Lacy melakukan wawancara eksklusif hampir 30 jam dengan Spielberg yang begitu terbuka mengenai kehidupan masa kecilnya yang pahit dan obsesinya dalam membuat film, karya awalnya yang cemerlang sebagai sosok pertelevisian "genius," ketenarannya melalui sejumlah film blockbuster yang mengagumkan, perubahan drastisnya ke film-film drama yang lebih serius, serta hubungan pribadi dan profesionalnya selama ini.

Film Spielberg juga mengikutsertakan pandangan dari anggota keluarga Spielberg, juga sahabat dan kolega, ditambah potongan video dan di balik layar dari perjalanan filmnya, termasuk Jaws, Raiders of the Lost Arc, ET: The Extra-Terrestrial, Jurassic Park, Schindler's List, Saving Private Ryan, Bridge of Spies, dan banyak lagi.

Lacy mewawancara lebih dari 80 orang dari dunia perfilman, mulai dari selebriti kelas A, hingga sutradara dan produser, sampai ke para pelaku industri, seperti JJ Abrams, Christian Bale, Drew Barrymore, Cate Blanchett, Francis Ford Coppola, Daniel Craig, Daniel Day-Lewis, Brian de Palma, Laura Dern, Leonardo DiCaprio, Richard Dreyfuss, Ralph Fiennes, Harrison Ford, David Geffen, Tom Hanks, Dustin Hoffman, Holly Hunter, Jeffrey Katzenberg, Ben Kingsley, Kathleen Kennedy, George Lucas, Liam Neeson, Martin Scorsese, Oprah Winfrey, dan Robert Zemeckis.

Hasilnya adalah potret intim yang luar biasa memadukan pemaparan langsung yang menyentuh dari Spielberg dengan eksplorasi mendalam dari proses kreatif dan keahlian yang membuat ia menciptakan sesuatu yang berbeda, menyoroti tema misalnya perpisahan, rekonsiliasi, patriotism, kemanusiaan dan keajaiban, yang berulang sepanjang pekerjaannya.

Susan Lacy adalah creator dan executive producer dari serial WNET terkenal American Masters, yang ditayangkan di PBS secara nasional. Ia telah memenangkan berbagai penghargaan, termasuk sepuluh Primetime Emmy untuk Outstanding Documentary Series dan 12 Peabody Award.

Sebagai executive producer American Masters, Lacy memproduksi sekitar 250 film yang mengekplorasi kehidupan ikon budaya di America yang paling abadi, mulai dari Charlie Chaplin hingga James Baldwin sampai Bob Dylan. Ia juga mensutradarai film-film dengan beragam subyek seperti Leonard Bernstein, David Geffen, Joni Mitchell, Judy Garland, Paul Simon, Rod Serling dan Lena Horne. (RO/I-2)

Komentar