Eksplorasi

Energi Listrik Terbuat dari Air Mata

Sabtu, 7 October 2017 06:01 WIB Penulis: Iflscience/Hnf/L-2

SHUTTERSTOCK

DUNIA ilmiah baru-baru ini memunculkan penelitian terkait dengan air mata dengan cara yang tidak biasa. Berdasarkan studi terbaru, air mata bisa diperas untuk menghasilkan listrik.

Tim peneliti dari University of Lomerick menemukan protein bernama lisozim yang ditemukan pada air mata, susu, dan air liur mamalia serta putih telur burung dapat mengeluarkan percikan saat dikompres.

Hal tersebut dapat dijelaskan melalui efek piezoelektrik yang menerangkan proses yang terjadi sehingga bahan tertentu dapat mengubah energi mekanis menjadi sesuatu yang berenergi listrik.

Piezoelektrik merupakan istilah Yunani kuno terkait dengan sumber muatan listrik mistik. Namun, para peneliti mengingatkan tidak semua bahan piezoelektrik bersifat nonorganik, bisa saja berupa materi biologis, termasuk air mata.

Studi peneliti yang dipublikasikan di jurnal Applied Physics Letters tersebut mengatakan efek yang ditemukan pada kristal lisozim sama besar dengan kuarsa yang biasa digunakan. Bedanya, ini bahan biologis dan tidak beracun.

Hasil penelitian juga bisa dikembangkan di masa mendatang untuk menciptakan aplikasi inovatif seperti lapisan antimikroba elektroaktif untuk implan medis.

Komentar