Teknopolis

Teknologi Dua Kamera Kini Lebih Canggih

Sabtu, 7 October 2017 03:15 WIB Penulis: Rizky Noor Alam rizkynoor@mediaindonesia.com

DOK. HUAWEI

BELAKANGAN ini muncul tren teknologi kamera terbaru yang disematkan pada beragam ponsel pintar premium terbaru. Sebut saja Samsung Galaxy Note 8 yang resmi dijual di Indonesia minggu lalu, ataupun ponsel pintar seri terbaru dari Apple, Iphone 8 dan Iphone X yang diprediksi dijual dengan harga selangit jika resmi masuk Indonesia. Jajaran gawai terbaru tersebut selain dibekali desain ciamik, juga sudah mengadopsi teknologi kamera ganda. Istilah dua kamera merujuk pada ponsel pintar yang di­sematkan dua kamera yang keduanya bekerja sama dalam menghasilkan foto. Hasil jepretan penggunanya terlihat lebih baik jika dibandingkan dengan ponsel pintar yang hanya mengandalkan satu kamera sebagai yang utama. Menurut penjelasan yang dipublikasi di GuidingTech.com edisi Senin (2/10), sensor dua kamera diklaim menghasilkan foto lebih baik karena mampu menjangkau objek foto pada sudut pandang lebih luas, jelas, dan mampu lebih cepat dalam menentukan fokus pada objek.

Pabrikan ponsel pintar yang menjadi pioner pengaplikasian kamera ganda pada produknya ialah HTC melalui produknya HTC One M8. Teknologi produk yang dijual ke publik pada 2014 itu pun semakin berkembang dan diikuti LG serta Huawei yang mulai menyematkan fitur dua kamera pada produknya. Kedua pabrikan elektronik raksasa Asia tersebut mengklaim sudah meningkatkan kinerja maupun kualitas dua kamera yang dipasangkan pada produk-produk mereka. Bagi LG melalui produknya LG G5, fitur kamera ganda mampu memberikan sudut pandang lebih luas mencapai 1,7 kali lebih luas jika dibandingkan dengan kamera ponsel pintar biasa dan 15 derajat lebih lebar daripada sudut pandang normal mata manusia.

Huawei pada 2016 meluncurkan Huawei P9 yang dianggap kontroversial karena Huawei menyematkan kamera ganda buatan pabrikan ka­mera ternama asal Jerman, yaitu Leica, pada produknya tersebut. Kolaborasi keduanya diklaim mampu memisahkan kamera RGB dan monokrom. RGB dikhususkan untuk merekam warna dan monokrom untuk detil gambar lebih baik. Hasilnya pun sukses, Huawei P9 diklaim mampu menghasilkan gambar dengan warna lebih baik dan detail gambar mendalam. Pada September 2016 Apple meluncurkan Iphone 7 Plus dengan teknologi kamera ganda semakin berkembang. Dalam varian itu, teknologi dua kamera yang disematkan telah disempurnakan dengan fitur optical zoom. Dalam Guidingtech.com dijelaskan, fitur itu memungkinkan Iphone 7 Plus melakukan zum secara optik hingga dua kali tanpa mengurangi kualitas gambar yang dibidik dan digital zum sebanyak 10 kali. Kamera ganda pada ponsel pintar juga mampu menghasilkan gambar bokeh, yaitu berupa latar belakang buram sedangkan objek foto utama tetap tajam.

Mirip DSLR
Bagi para pengguna, seperti yang dirasakan Dafi Hizfilah, 26, hasil jepretan kamera Iphone 7 Plus miliknya memuaskan, mirip hasil kamera DSLR. “Hasilnya itu maksimal kalau pencahayaannya bagus dan keadaan stabil. Kalau untuk objek bergerak atau lil bit shaky, hasilnya kurang dari yang diharapkan,” jelas bankir tersebut saat dihubungi, Selasa (3/10). Hal senada diungkapkan Virna Setyorini, 29. Menurut jurnalis itu, sejauh ini kamera ganda yang ada di Iphone 7 Plus miliknya sungguh mengasyikkan. Kualitas gambar yang dihasilkan lebih baik daripada produk Iphone sebelumnya.

“Yang gue suka itu fitur portraitnya. Cakep dan berasa pakai kamera DSLR dengan lensa zum menghasilkan bokeh,” jelas Virna. Kekurangannya, tambahnya, terletak pada ISO. Sebab itu, bila ia tidak suka menggunakan flash, ISO-nya dibesarkan agar mampu memfoto objek dengan pencahayaan kurang, tapi dengan hasil tetap terang. Terpisah, pengamat fotografi Arimacs Wilander menilai meskipun fitur kamera ponsel pintar semakin canggih, tetap saja tidak bisa menggantikan hasil foto dari kamera profesional, seperti DSLR. Baginya, dua kamera yang ada di ponsel pintar saat ini tidak bisa digunakan untuk kebutuhan serius, tetapi cocok sekadar mengabadikan foto untuk bersenang-senang. (X-7)

Komentar