Hiburan

Glenn Terus Perjuangkan Industri Musik Tanah Air

Kamis, 5 October 2017 20:15 WIB Penulis: Putri Rosmalia Octaviyani

ANTARA FOTO/Jimmy Ayal

SUKSES menjadi penyanyi tidak membuat Glenn Fredly merasa puas dengan industri musik Tanah Air. Menururnya, masih banyak hal yang harus dibenahi dan diperjuangkan.

"Saya ingin ekosistem musik Indonesia bisa berdaulat dan ingin membuat sesuatu yang berefek besar untuk setiap pelaku di industri musik," ujar Glenn, dalam acara peluncuran MyDio Sing, di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Kamis (5/10).

Glenn mengatakan, selama ini masih banyak pelaku industri musik seperti pencipta lagu yang tidak mendapatkan haknya dengan lancar. Semakin banyak juga musisi yang dirugikan akibat pemanfaatan perkembangan teknologi dengan tidak tepat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Kita harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memajukan industri musik Indonesia dan sekaligus menyejahterakan musisi dan pencipta lagu," ujarnya.

Dikatakan Glenn, salah satu konsep yang ia angkat untuk mewujudkan hal tersebut ialah dengan membangun konsep musicpreneurship. Dengan sebuah sistem dan aplikasi yang terbangun dan terpantau dengan baik, diharapkan penikmat musik dan musisi dapat sama-sama mendapat keuntungan dan kesenangan.

Untuk bisa mewujudkan hal itu, Glenn mengaku tidak berjuang sendiri. Ia bekerja sama dengan banyak pihak. Mulai dari sesama musisi, pelaku bisnis, ahli teknologi, hingga pemerintah.

"Karena saya juga merasakan bila musik ke depan ingin bisa jadi jembatan ekonomi baru untuk Indonesia, harus saling kerja sama, tidak bisa berjalan sendiri atau parsial," ujar Glenn.

Yang terbaru, kerja sama dengan pemerintah, dalam hal ini Badan Ekonomi Kreatif, ia lakukan dengan meluncurkan aplikasi digital musik berbasis video karaoke, MyDio Sing.

Layanan digital garapannya tersebut berisikan materi video musik original yang saling bersenyawa antata pekerja dan penikmat musik. Transparansi juga dijunjung tinggi dalam aplikasi tersebut untuk mencegah terjadinya kesalaham dalam hal royalti.

"Kalau ekosistemnya bisa berjalan dengan baik otomatis ini dampaknya akan baik dan menyejahterakan. Saya harap akan begitu ke depannya," ujar Glenn.

Sebelumnya, Glenn juga telah aktif untuk memperjuangkan nasib musisi dan pelaku industri musik Tanah Air. Melalui program bernama #MusikBagus, ia bersama beberapa tokoh musik Indonesia secara rutin melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari pameran, konser, hingga diskusi mengenai kondisi terkini musik Tanah Air. (OL-2)

Komentar