Kuliner

Si Keju Meleleh yang Menggoda

Ahad, 1 October 2017 01:01 WIB Penulis: M Taufan SP Bustan/M-4

MI/Adam Dwi

KEJU memiliki cita rasa yang unik dan menggugah nafsu makan. Rasa asin dan gurihnya yang begitu khas membuatnya disukai banyak orang. Bahkan, makanan yang lezat dihasilkan dengan menggunakan bahan baku dari olahan susu sapi ini.

Meski begitu, semua makanan berbahan keju tersebut tidak lantas menggunakan satu jenis keju yang sama. Keju juga memiliki bermacam-macam jenis berdasarkan rasa, bahan, dan fungsi.

Nah, di Jakarta terdapat sebuah gerai sandwich bernama Smorrebrod yang menawarkan aneka sandwich serbakeju. Gerai yang terletak di Gandaria City Mall, Jakarta Selatan, ini menawarkan berbagai pilihan roti lapis keju. Mulai Grilled Sandwich (Classic, Classic+, Classic++) Gourmet Sandwich (Crispy Chicken Melt, Patty Melt, Grilled Chicken, Tuna Melt), Small Bite (Bonbon Potatoes), Dessert (Mapple Syrup, Peanut Butter, Grilled S'mores), hingga Drink (Refreshing, Calming). Begitu banyak pilihan hidangan bagi Anda penyuka sandwich keju.

Pemilik Smorrebrod, Cindy Le, 30, mengaku, dari deretan hidangan dalam menu itu, paling andalan dan favorit pengunjung ialah Classic++ yang masuk kelompok Grilled Sandwich. Mengapa Classic++? Karena paling lengkap isiannya ketimbang Classic dan Classic+.

Classic++ yang dibanderol dengan harga Rp60 ribu per porsi (belum termasuk pajak) menggunakan roti jenis sourdough yang diisi dengan campuran keju. Rasanya semakin lengkap dengan tambahan tomat, daun bawang, bawang bombai, chive, chicken luncheon, beef luncheon, potongan jamur yang telah ditumis, caramelized, dan saus smorrebrod.

Tersaji dalam wadah berlapis kertas di atas potongan papan, setangkup roti agak tipis dibagi dua potong. Permukaan roti berwarna cokelat kekuningan, bekas pemanggangan. Sementara itu, dari bagian tengah dan permukaan roti terlihat jejak lelehan keju.

Rotinya terasa renyah garing dengan aroma harum ragi. Rasa gurih dari lelehan keju mendominasi. Penggunaan beef luncheon, jamur, dan bawang bombai menambah rasa serta aroma sandwich. Memang sungguh nikmat, apalagi roti panggang kejunya pun cukup besar dan tentunya mengenyangkan.

"Di Classic++ memang paling komplet, sedangkan untuk di Classic dan Classic+ hanya dikurangi beberapa isian saja. Rasa dan jenis rotinya sama dan yang pasti Classic dan Classic+ sedikit lebih murah harganya," terang Cindy kepada Media Indonesia, Selasa (12/9).

Terbaru

Selain Classic++, pada kesempatan itu Cindy meperlihatkan menu baru Smorrebrod. Menu yang akan dilauncing pada bulan itu berbeda dengan Grilled Sandwich dan lainnya. Meski demikian, rasa dan bahannya tidak jauh berbeda dengan sajian sebelumnya.

Nama hidangan itu ialah Crispy Chicken Bradroll. Berbeda dengan Classic++ yang menggunakan roti jenis sourdough, Crispy Chicken Bradroll lebih menggunakan roti jenis bradslaider yang hampir sama dengan roti hamburger.

Crispy Chicken Bradroll, menurut Cindy, akan menjadi menu andalan baru Smorrebrod. Apalagi harganya cukup terjangkau, yakni Rp45 ribu per porsi (belum termasuk pajak).

"Untuk isiannya hampir samalah dengan Classic++, ada saus keju, kol ungu, crispy chicken, olahan telur, dan beberapa isian lainnya," jelas Cindy.

Setelah bersantap keju meleleh, saatnya membasuhnya dengan sejumlah minuman seperti Pink Lemonade, Pink Himalayan Salted, Caramel, Milkshake, dan Red Velvet Latte.

Saat itu Cindy menawarkan Pink Lemonade. Diakuinya pula, Pink Lemonade merupakan minuman paling andalan di Smorrebrod.

"Untuk harga hanya Rp21 ribu itu juga belum termasuk pajak. Bedanya dengan drink lain tentunya di rasa dan harganya," ungkap Cindy.

Luar negeri

Berbeda dengan sandwich pada umumnya. Keju yang digunakan dalam sandwich pun berbeda dengan keju pada umumnya karena Smorrebrod menggunakan keju khusus yang didatangkan dari luar negeri.

"Untuk di Smorrebrod ada beberapa jenis keju impor yang kami gunakan, pertama ada red cheddar (asal Inggris) dan mozarella (asal Italia). Masih ada beberapa jenis keju lagi tidak bisa kami sampaikan," aku Cindy.

Mengapa menggunakan keju? Diceritakan Cindy, selain rasanya yang enak, keju bermanfaat bagi kesehatan. Ditambah, belum ada toko sandwich yang menawarkan campuran keju di Jakarta.

"Inilah peluang yang kami coba. Kebetulan di Smorrebrod saya bersama rekan bernama Andra Hambali bekerja sama mendirikan ini, makin kemari cukup diterima masyarakat dan ini sudah jalan 1,5 tahun Smorrebrod buka," sebutnya.

Perbedaan itu yang membuat dalam sehari tidak kurang 50 sandwich laku terjual. Bagaimana, apakah Anda ingin mencoba? Silakan kunjungi gerainya.

Komentar