Kuliner

Minum Teh ala Kate Spade

Ahad, 1 October 2017 00:46 WIB Penulis: Riz/M-4

MI/Adam Dwi

ISTILAH afternoon tea mungkin sudah tidak asing di telinga orang Indonesia. Budaya minum teh asal Inggris yang lahir sejak abad ke-18 tersebut semakin lama semakin mendunia, termasuk di Jakarta.

Di Jakarta sendiri ditandai dengan menjamurnya tea house di sejumlah tempat. Salah satunya di Peacock Laounge yang berada di Hotel Fairmont, Jakarta. Tidak hanya tampilan dari hidangannya yang unik, tapi juga cara penyajiannya, yakni di dalam laci-laci nan elegan.

Khusus selama 20 September-20 Oktober, Peacock Lounge menghadirkan edisi spesial. Tidak semata menghidangkan kue-kue munggil yang menawan, tapi juga menampilkan beragam koleksi musim gugur hasil kolaborasi dengan merek fesyen asal New York, Amerika Serikat, Kate Spade. Pastry yang ditampilkan pun bertemakan rumah mode yang berdiri pada 1993 itu. Ada yang berbentuk tas jinjing, bermotif leopard, ataupun bergambar french bulldog.

Menu afternoon tea saat itu disajikan dalam laci tiga tingkat yang unik dan elegan. Ada preserved cherry yang dicampur dengan almond kemudian dibalut cokelat dan dibentuk mirip seperti buah ceri, ada pula panna cotta yang terbuat dari wijen hitam yang dibuat berlapis hitam-putih.

Menu pastry lainnya seperti eclair dengan jejak rasa lavender, macaron, apple cheese mousse, dan lemon butter cake juga melengkapi sajian ini.

Beragam pastry yang disajikan tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki bentuk yang unik dan rasanya sayang jika harus dimakan.

Di tingkat pertama, terdapat tartlets dengan topping stroberi dan bluberry. Di tingkat kedua menyajikan rangkaian mini sandwiches dengan roti yang juga berwarna merah yang terbuat dari buah bit yang dimarinasi untuk menyesuaikan tema. Di tingkat terakhir, tersedia scones yang juga berwarna merah dilengkapi dengan beberapa selai dan krim untuk menambah cita rasa.

Bagi pecinta rasa asin dan gurih, ada pula pastry yang bercita rasa asin dan gurih, seperti quiche dan lumpia mini. Semua pastry yang disajikan dibuat dengan less sugar agar tidak terlalu manis. Untuk pastry berbahan dasar cokelat, menggunakan cokelat yang terbuat dari dark cocoa dengan tingkat kandungan 65% sehingga rasanya tidak terlalu pahit.

Untuk menikmati beragam pastry tersebut, Anda juga dapat memesan beragam jenis teh maupun kopi yang terdapat di buku menu. Untuk menikmati afternoon tea di Peacock Lounge, Anda harus menebusnya dengan harga Rp588 ribu++ yang tersedia dari pukul 13.00-17.00.

Komentar