MI Anak

Bankir Cilik yang Rajin Menabung

Ahad, 1 October 2017 00:31 WIB Penulis: Suryani Wandari

DOK PERMATA BANK

SOBAT Medi pastinya sudah kenal dong dengan anjungan tunai mandiri alias ATM. Mesin ini bisa mengeluarkan uang setelah nasabahnya memasukkan kartu dan menekan tombol pilihan.

Namun, ATM ini juga punya banyak fungsi lo! Bisa digunakan untuk membayar pulsa, listrik hingga berbagai jenis iuran. "ATM ini bisa digunakan berbagai macam keperluan terkait dengan keuangan nasabah lo, tapi awas, kartu dan nomor PIN-nya tidak boleh diberitahukan ke orang lain, ya," kata Kak Gita, Customer Service Permata Bank di Gedung WTC 2, Jakarta, Rabu (27/9).

Kak Gita menjelaskan fungsi ATM serta berbagai layanan bank pada para Bankir Cilik Permata Bank. Ia memaparkan cara kerja ATM, tugas customer service hingga petugas teller, yang bisa membantu nasabah melakukan transaksi, dari menabung, mengambil uang, hingga melayani keluhan.

Ayo, apakah kalian sudah mulai menabung?

Menabung punya beragam manfaat lo Sobat Medi, salah satunya sebagai bekal meraih cita-cita. Dengan menabung dari sekarang, berbagai rencana bisa diwujudkan.

Nah sekarang, yuk kenalan dengan para Bankir Cilik yang sudah mulai menabung sejak dini!

Angkatan ketiga

Kegiatan Permata Bankir Cilik telah dimulai sejak 2015 untuk memberikan pengetahuan literasi keuangan dan perbankan kepada siswa SD kelas 4 dan 5

. Nantinya, mereka akan menjadi Duta Menabung lo!

"Kami bangga dapat mencetak bankir-bankir cilik, sejalan dengan program Edukasi Literasi Keuangan dari Otoritas Jasa Keungan (OJK) dan gerakan Ayo ke Bank dari Bank Indonesia," kata Pak Ridha Wirakusumah, Direktur Utama Permata Bank, pada sambutannya meresmikan Permata Bankir Cilik 2017.

Para Bankir Cilik ini berasal dari lima sekolah, masing-masing 15-20 siswa. Mereka akan mengikuti pelatihan langsung dari Permata Bank selama tiga bulan dan berbagai kegiatan lainnya, mulai berlatih teknik mengenali uang asli dan palsu, budaya menabung, mengenal bank, menggunakan ATM serta berbagai kegiatan seru lainnya.

"Dengan bermain, mereka menjalankan proses belajar. Keuntungan lainnya, mereka memperoleh keterampilan berpikir kritis, team work, motivasi public speaking, character building, kreativitas dan sportivitas," kata Bu Richele CI Maramis, Senior Vice President Permata Bank.

Bankir cilik istimewa

Sobat Medi, yang istimewa dalam kegiatan tahun ketiganya ini, dari 5 SD, ada 2 sekolah berkebutuhan khusus, yakni SLB Pembina Tingkat Nasonal dan SLBN 01 Jakarta yang masing-masing siswanya adalah para tunanetra dan tunarungu.

"Semua orang punya kesempatan sama untuk mendapatkan literasi keuangan. Pemerintah telah mencanangkan 1% karyawan swasta merupakan disabilitas, jadi ada sekitar 80 orang difabel untuk bekerja di Permata Bank," kata bu Richele.

Kiat menabung

Nah, sebagai Bankir Cilik yang juga Duta Menabung, ternyata mereka telah menyisihkan uang jajannya sejak kecil. "Aku rajin menyisihkan uang jajan lima ribu setiap hari untuk ditabung. Rencananya itu untuk biaya aku kuliah nanti," kata Sharleen, kelas 4 SDN Pondok Pucung 2.

Nah bagi kamu yang belum menabung, ada kiat dari Pak Horas Tarihoran, Direktur Bidang Edukasi dan Literasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar bisa menabung dengan mudah.

"Pertama, kamu sisihkan dulu uang jajanmu untuk ditabung, bukan menyisakan uang setelah di jajanin ya. Kamu bisa mulainya dengan minta uang jajan berupa pecahan dua ribuan. Selembarnya bisa kamu tabungkan setiap hari," kata Pak Horas.

Pak Horas pun mengatakan uang tabungan ini disimpan baik, bila perlu disimpan di bank yang memberikan bunga atau sejumlah imbalan yang diberikan bank kepada nasabahnya atas dana yang disimpan.

Nah jika sudah disimpan, jangan sedikit-sedikit diambil ya sobat. Nantinya uang hasil menabung kalian pun bisa digunakan untuk mengejar cita-citamu! (Suryani Wandari/M-1)

Suara Anak

Davi

kelas 5, SDN Pondok Jaya 2 Bintaro

Seru banget kegiatannya, tahun kemarin aku juga ikutan program bankir cilik ini. Aku mulai rutin menabung setiap hari dari uang jajanku.

Vanessa

kelas 4, SDN Menteng Atas 21 Pagi

Aku memang sudah menabung sejak TK, ya walaupun uangnya dari Ibu tapi hasilnya selalu dipakai untuk keperluanku nanti seperti beli seragam, tas atau sepatu sekolah saat kenaikan kelas. Jadi aku juga sambil belajar.

Sharleen

Kelas 4, SDN Pondok Pucung 02

Biasanya aku kumpulin dulu setiap hari, baru setelah terkumpul agak banyak aku simpan ke bank, biasanya seminggu sekali. Aku bahkan sudah puny ATM sendiri sejak kelas 1 SD.

Aliya

kelas 6, SLB Pembina Tingkat Nasional

Waktu lebaran kemarin aku dapat 2 juta dan langsung di tabungin. Aku akan terus nabung untuk nanti kuliah dan umrah.

Komentar