Teknopolis

Trump Tuduh Facebook, Ini Jawaban Zuckerberg

Sabtu, 30 September 2017 15:00 WIB Penulis: MTVN

AP

CEO Facebook, Mark Zuckerberg menjawab kicauan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengklaim bahwa Facebook "selalu anti-Trump" selama pemilu presiden AS pada tahun lalu.

"Trump berkata, Facebook mempersulitnya. Para liberal berkata kami membantu Trump," tulis Zuckerberg. "Keduanya marah akan ide dan konten yang mereka tidak suka. Seperti inilah rasanya menjalankan platform yang menampung semua ide."

Zuckerberg membuat pernyataan ini pada hari yang sama Facebook, Google dan Twitter dipanggil untuk memberikan kesaksian di hadapan Kongres pada 1 November. Ketika itu, ketiga perusahaan itu akan ditanyai terkait campur tangan Rusia dalam pemilu presiden AS pada 2016 dan bagaimana Moscow menggunakan platform yang disediakan perusahaan teknologi itu untuk menyebarkan informasi salah dalam usahanya untuk memengaruhi hasil pemilu.

Pada awalnya, Zuckerberg merasa, Facebook tidak mungkin telah memengaruhi hasil pemilu presiden. Namun, sejak itu, Facebook telah menemukan bahwa Rusia menghabiskan lebih dari USD100 ribu (Rp1,3 miliar) untuk membuat iklan politik di media sosial tersebut dengan tujuan untuk memperkuat pesan politik tertentu.

"Setelah pemilu, saya membuat komentar bahwa kemungkinan informasi salah di Facebook di Facebook mengubah hasil pemilu adalah ide gila," tulis Zuckerberg. "Menyebut ide itu gila menunjukkan keacuhan dan saya menyesalinya. Ini juga isu penting yang tidak boleh diacuhkan."

Facebook juga telah setuju untuk memberikan informasi terkait iklan Rusia pada Kongres. Pada The Verge, para moderator Facebook mengaku bahwa mereka tidak siap untuk menangani iklan politik dari Rusia.

Zuckerberg juga mengumumkan melalui Facebook Live bahwa mereka tidak lagi menerima iklan yang pembayarannya tidak bisa dilacak.

"Kami akan meninggikan standar transparansi Facebook," ujar Zuckerberg. "Tidak hanya Anda harus memberitahukan Page apa yang membayar iklan, kami juga akan memastikan Anda bisa mengunjungi halaman pengiklan dan meihat iklan-iklan yang mereka tampilkan pada pengguna Facebook." (OL-8)

Komentar