Teknopolis

Intel Siapkan Prosesor Generasi Ke-12?

Sabtu, 30 September 2017 14:38 WIB Penulis: MTVN

Ist

DALAM urusan pengembangan teknologi prosesor dan semikonduktor, Intel memang merupakan salah satu pemain utama.

Selain telah menyiapkan deretan prosesor generasi berikutnya seperti Cannon Lake, Ice Lake, dan Tiger Lake, Intel ternyata juga sedang mempersiapkan pengembangan prosesor Intel Core generasi ke-12, yaitu Sapphire Rapids. Menariknya, prosesor tersebut diperkirakan bakal menggunakan arsitektur 7nm dan bakal hadir tahun 2020.

Saat ini Intel baru saja resmi memperkenalkan Coffee Lake, yaitu prosesor generasi ke-8. Coffee Lake masih menggunakna arsitektur 14nm sama seperti Skylake dan Kaby Lake. Dengan demikian, Sapphire Rapids nantinya akan tampil dengan jumlah transistor dua kali lipat lebih banyak dari Coffee Lake.

Menurut PC GAMER, bocoran informasi ini ditulis langsung di situs resmi Intel. Informasi mengenai Sapphire Rapids juga masih sangat sedikit. Yang jelas, prosesor Intel generasi ke-12 tersebut akan digunakan di platform server dan workstation Tinsley dari Intel.

Penggunaan arsitektur 7nm di Sapphire Rapids memang masih perkiraan, namun sangat masuk akal. Hal tersebut dikarenakan Intel tergolong terlambat dalam pengembangan prosesor 10nm-nya. Sementara itu, produsen prosesor seperti Qualcomm, MediaTek, dan Samsung telah menghadirkan prosesor 10nm meski penggunaannya hanya sebatas di perangkat mobile.

Selain itu, Intel juga harus bersaing dengan AMD. Beberapa waktu yang lalu, sebuah bocoran mengenai rencana bisnis AMD mengatakan produsen prosesor tersebut juga akan meluncurkan prosesor 7nm pada tahun 2019. (OL-8)

Komentar