WAWANCARA

Rasional dalam Memilih Investasi

Ahad, 17 September 2017 10:15 WIB Penulis:

DOK MI/ATET DWI PRAMADIA

MENJABAT sebagai Kepala Satgas Waspada Investasi OJK, Tongam L Tobing tentu dinilai sebagai sosok yang ahli tentang investasi. Lalu bagaimana pilihannya dalam berinvestasi?

Untuk soal ini, Tongam selalu mengedepankan rasionalitas. Hal itu pula yang ia ingatkan pada keluarga dan orang-orang terdekatnya.

“Tentu saya harus ajarkan segala sesuatu dengan rasional karena untuk mendapatkan uang itu tidak ada yang mudah, dan tentu harus rajin bekerja,” tutur pria 52 tahun ini.

Tongam pun bersyukur sampai saat ini ia bersama keluarga belum pernah terjebak kasus penipuan dengan kedok investasi, meskipun dalam lingkungan sehari-hari kerap ada penawaran terhadap dirinya.

“Sampai sekarang sih belum pernah ikut investasi ilegal seperti itu. Tapi memang banyak penawaran lewat media sosial,” sambung lulusan The University of Melbourne ini.

Ia pun menyarankan kepada masyarakt agar lebih memilih yang pasti-pasti saja dalam hal investasi, seperti halnya deposito, reksadana, saham, atau properti.

“Bedanya kalau properti ya untuk jangka panjang. Kalau deposito, saham, dan reksadana kan sifatnya likuid sehingga mudah dicairkan jika memang sedang membutuhkan,” tukas Tongam. (Rio/M-3)

Komentar