MI Muda

Dua Hari, Banyak Inspirasi dari Korea

Ahad, 17 September 2017 04:01 WIB Penulis: Zat/M-2

DOK KOTRA

MARI belajar dari Korea Selatan. Kendati sejarahnya terbilang serupa, mereka sama-sama harus menghadapi imperialisme, otoritarianisme, krisis valuta asing, serta berbagai tantangan lain. Indonesia bisa belajar dari Korea. Bukan cuma menggenjot habis pembangunannya, negeri itu sukses 'meracuni' dunia, termasuk Indonesia, dengan Hallyu atau Korean Wave-nya.

Secara sistematis dan terintegrasi, budaya pop Korea mengglobal sejak 1990-an. Jadi, enggak cuma histeris saat berjumpa anggota Super Junior Eun Hyuk dan Dong Hae serta aktris Song Ji-hyo yang tersohor lewat serial Running Man, ada banyak inspirasi yang bisa diserap. Tiga bintang Korea itu hadir dalam jumpa media Korea Brand and Entertainment Expo (KBEE), Senin (4/9), di Sheraton Hotel, Jakarta Selatan. Acara itu diselenggarakan KOTRA, Korea Trade Investment Promotion Agency) 4 hingga 5 September.

"Korea dan Indonesia mengalami proses pendewasaan demokrasi yang sama, melebihi negara Asia Timur mana pun, ini merupakan persamaan terbesar," kata Kim Byung-sam, Direktur Jenderal KOTRA.

Kosmetik hingga ponsel

Acara tahunan KOTRA yang baru pertama kali diadakan di Indonesia ini bertujuan meningkatkan kerja sama investasi dan perdagangan. Salah satu yang begitu menarik bagi Korea, pertumbuhan pengguna internet dan ponsel pintar yang terus melonjak tinggi.

Produk-produk Korea diterima hangat di Indonesia, kosmetik, makanan, hingga elektronik. Ada acara konsultasi bisnis, promosi yang diikuti 100 perusahaan Korea Selatan dan 500 korporasi lainnya di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Namun, tentu saja, kemasan acara ini tetap saja para ikon Korean Wave, ada konser hingga jumpa fan yang pastinya diserbu para penggila Korea!

Komentar