MI Anak

Yang perlu diperhatikan saat pelihara hewan

Ahad, 17 September 2017 01:31 WIB Penulis: Sumber: pet-lover.id

MI/SURYANI WANDARI

1. Disiplin

Kedisiplinan akan membentuk karakter hewan. Akan lebih baik jika sifat disiplin tersebut diterapkan pada hewan peliharaan sejak dini. Tentukan bagian rumah yang mana yang diizinkan untuk dimasuki dan tidak boleh, perabotan mana yang boleh untuk disentuh dan tidak.

2. Beri perhatian dan waktu

Anjing dan kucing ialah tipe hewan yang ingin sekali dimanja. Mereka sangat menyenangi aktivitas di luar rumah seperti berjalan jalan dan bermain.

3. Mencegah hewan merusak perabot rumah

Pada kucing, mereka gemar menggaruk garuk sofa, karpet maupun kaki meja. Sebenarnya ini cara kucing untuk mengasah kukunya agar selalu tajam. Mereka membutuhkan kuku tajam agar dapat memanjat maupun membela diri saat bertarung dengan kucing yang lain. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa melilitkan selotip pada benda yang sering dicakar dengan bagian yang lengket diletakkan di luar sehingga terasa lengket. Kucing akan kehilangan nafsunya untuk menggesekkan kuku pada benda tersebut. Selalu potong kuku kucing agar lebih rapi dan tidak merusak perabot.

Anjing juga memiliki kebiasaan yang kurang menyenangkan. Mereka akan menggaruk daun pintu jika ingin keluar atau masuk ke dalam ruangan. Tempelkan plexiglass pada bagian yang sering digaruk hingga kebiasaan buruk tersebut hilang. Kelinci dan marmut memiliki kebiasaan lain lagi. Mereka gemar membuat terowongan di halaman rumah. Jika Anda menemukan tanda-tanda kelinci akan menggali lubang, segera tutup dengan batu kerikil dan siram daerah tersebut menggunakan larutan antiseptik yang berbau menyengat.

4. Mengatasi bulu hewan

Pada hewan mamalia seperti anjing dan kucing, masalah bulu tidak dapat dihindari. Dipastikan akan banyak bulu beterbangan di dalam dan luar rumah. Jika ada anggota keluarga yang memiliki alergi terhadap bulu, sebaiknya Anda perlu membuat kandang di luar rumah. Sediakan vacum cleaner untuk membersihkan bulu di sela-sela karpet maupun sofa. Bisa juga Anda membeli roller bulu yang banyak dijual di petshop.

5. Pilih perabot yang mudah dibersihkan

Pilih perabot dengan bahan yang licin dan memiliki anti pelindung semacam kulit semianilin, plastik, dan sintetis.

Komentar