Kuliner

Minimalis di Boat Noodle

Ahad, 17 September 2017 01:01 WIB Penulis: Rizky Noor Alam

MI/Arya Manggala

JIKA Anda berkunjung ke Thailand, tentunya tidak lupa mampir ke Bangkok. Ibu kota 'Negeri Gajah Putih' itu tentunya tidak asing dengan street food khas. Kini untuk mencicipi penganan itu, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Thailand, cukup berkunjung ke Restoran Boat Noodle yang terletak di Mal Gandaria City, Jakarta Selatan.

Menu utama yang menjadi unggulan tempat ini ialah boat noodle. Uniknya hidangan mi itu disajikan dalam porsi kecil sehingga Anda tidak akan puas hanya makan satu mangkuk. Sesuai namanya, di negeri asalnya, hidangan ini dijual di atas perahu. Guna menghindari mi tumpah saat disantap, porsi yang lebih sedikit dibuat.

Pengunjung yang datang bisa memilih dua varian mi dan kuah. Untuk kuah ada pathumthani dan ayutthaya. Untuk mi, Anda bisa pilih antara egg nodle dan rice noodle, serta pilihan daging atau ayam.

Varian kuah pathumthani berwarna gelap dengan rasa yang mirip semur tapi lebih gurih dan asin, sedangkan varian kuah Ayutthaya, teksturnya lebih creamy karena pakai santan dengan warna yang gelap, rasanya sedikit manis tapi gurih. Untuk minya ukurannya kecil-kecil dengan tekstur yang kenyal. Mi ini semakin lengkap dengan pilihan daging atau ayam dengan potongan batang kangkung, cincangan bawang putih goreng, daun ketumbar serta bakso daging atau bakso ayam. Harga per porsinya sangat murah hanya Rp8.500.

Hidangan lain yang patut dicicipi ialah flame grilled ayam legend. Sajian ini merupakan ayam di bagian paha yang dihilangkan tulangnya. Daging tanpa tulang itu dimarinasi dengan ketumbar, saus tiram, kecap asin, dan gula. Setelah itu baru dimasukkan ke oven selama 30 menit sebelum dipanggang.

Dagingnya terasa lembut dengan cita rasa gurih dan sedikit pedas dari bumbu-bumbu yang meresap hingga bagian dalam. Rasa daging ayam itu semakin lengkap dengan saus yang terbuat dari cabai, gula aren, perasan jeruk lime, daun bawang, bawang merah, dan beras ketan yang sudah disangrai dan haluskan. Beras ketan tersebut berfungsi untuk mereduksi rasa asam yang kuat dari air lime tersebut. Untuk yang satu ini banderol terjangkau hanya Rp39.999 per porsi.

"Kita juga ada thai popeye tempura yang terbuat dari daun kangkung hidroponik yang digoreng dengan tepung tempura. Teksturnya renyah dan rasanya gurih. Saus pelengkapnya saus tempura dengan cita rasa asam, peda, dan gurih," jelas Area Manager Boat Noodle, Ervin Irawan, kepada Media Indonesia, Jumat (25/8).

Ringan

Bila ingin bersantap makanan ringan, coba cicipi grilled chicken meatball dan grilled beef meatball. Sesuai namanya, camilan ini merupakan bakso tusuk yang dipanggang dan didampingi saus.

Selain mi, sejumlah makanan berat bisa menjadi pilihan Anda. Coba krapow chicken rice, yaitu nasi yang dinikmati dengan daging ayam cincang yang dimasak dengan berbagai bumbu dan dilengkapi telur mata sapi setengah matang. Rasanya gurih dan sedikit manis.

Ada juga hulk smash chicken curry, yang merupakan nasi yang dinikmati dengan daging dada ayam yang sudah di-fillet yang dimasak terung dan saus green curry. Rasanya gurih dan pedas.

Makanan penutupnya, yang populer ialah sangkaya. Hidangan ini merupakan roti kukus yang dinikmati dengan saus sangkaya. Saus sangkaya memiliki cita rasa yang unik yaitu gurih dan manis yang terbuat dari saus pandan, kuning telur, tepung maizena, dan susu.

Rotinya yang lembut dan saus sangkaya yang unik cocok dinikmati selagi panas, harganya pun hanya Rp35.545.

Minuman

Untuk pelega dahaga, Boat Noodle menyediakan begitu banyak pilihan minuman. Seperti coconut iced blended yang merupakan minuman rasa kelapa yang terbuat dari sirop kelapa dan susu evaporate, rasanya yang segar, gurih, dan manis cocok untuk menetralkan beragam rasa makanan yang sudah dinikmati.

Ada pula minuman bai toey, yang merupakan minuman yang terbuat dari air rebusan daun pandan dan diberi sedikit gula. Rasanya segar, sedikit manis, dan aroma pandannya juga terasa, sangat khas Thailand.

Ada pula beragam minuman thai tea seperti cha manao yen (thai lemon tea) yang menyegarkan dan rasa teh khas Thailandnya yang kuat. Anda yang ingin menikmati beragam street food khas 'Negeri Gajah Putih' dapat mengunjungi tempat ini. Selain rasnya yang autentik, beragam makanan dan minuman yang dijajakan dijual dengan harga yang terjangkau. (M-4)

Komentar