Gaya Urban

Maksimal 12 Kg

Ahad, 17 September 2017 00:01 WIB Penulis: Rio/M-3

MI/Rommy Pujianto

Meski daya tarik terlihat pada konsep angkat beban yang fun, Andre menjelaskan sesungguhnya mengangkat beban bukan keharusan di kelas tersebut. Peserta dapat juga memilih mengangkat batang besi (barbel) yang tidak dilengkapi cakram atau pelat beban.

Hal ini terutama dapat dilakukan peserta pemula yang belum terbiasa dengan latihan angkat beban. Meski tanpa cakram beban, sebenarnya latihan otot sudah diterima karena tongkat besi tersebut memiliki berat 2 kilogram.

“Jadi untuk member baru atau memang yang tidak kuat angkat beban, bisa mengangkat besi nya saja tanpa beban. Kalau weighted bars-nya saja jadi sekitar 2 kilogram saja, itu cukup,” sambung Andre.

Untuk yang merasa tertantang meng­angkat beban secara maksimal sembari melakukan gerakan aerobik dan kardio, Andre juga mengingatkan untuk melihat kemampuan diri. Beban maksimal yang ia anjurkan 8-12 kilogram.

“Beban 12 kilogram saya pikir sudah maksimal karena ini bukan seperti fitnes biasa dan setiap member harus bergerak juga selama 1 jam. Tentu beban latihannya lebih berat ketimbang hanya mengangkat beban,” kata Andre.

Menurutnya, yang terpenting dalam kesuksesan latihan ini kepatuhan peserta mengikuti gerakan instruktur. Dengan itu, dipastikan pembentukan massa otot tangan, bahu, punggung, perut, dada dan kaki akan terbentuk dengan baik.

“Jika ikutin arahan saya, tentu hasilnya akan maksimal. Karena ini seperti fitnes saja, digabungkan dengan berbagai gerakan yang bisa mengeringkan otot,” ujarnya. (Rio/M-3)

Komentar