Eksplorasi

Tank Mini tidak Berawak Segera Diluncurkan

Sabtu, 16 September 2017 08:00 WIB Penulis:

BAE SYSTEM

BAE Systems baru-baru ini merilis serangkaian gambar yang menunjukkan tank mini tanpa pengemudi.

Konsep inovatif ini diprediksikan merevolusi peralatan perang.

Konsep yang diberi nama Ironclad itu bisa bekerja sama dengan kendaraan udara dan darat tak berawak lain untuk mendukung pasukan di medan perang.

Tank-tank Ironclad dapat dimodifikasi dengan berbagai fitur sehingga mereka dapat melakukan pengintaian, mengevakuasi pasukan, dan bertindak sebagai unit pelempar bom.

BAE Systems bertujuan membuat kendaraan yang benar-benar otonom di masa depan, yang beroperasi tanpa pengendali manusia.

Tank mini Ironclad akan dilengkapi dengan perangkat lunak untuk melacak 'teman atau musuh' sehingga dapat terhindar dari tembakan dan membuat tentara keluar dari bahaya.

Saat ini model konsep beroperasi melalui wireless control dalam jarak hingga 1 kilometer.

Ironclad dipresentasikan pada konferensi Pertahanan dan Keamanan Perangkat Lunak Internasional (The Defence and Security Equipment International/DSEI) pekan ini.

BAE Systems, sebuah perusahaan pertahanan dan keamanan global yang berbasis di London dan Hampshire, mengatakan telah merancang tank untuk mengatasi beberapa pekerjaan paling berbahaya yang dihadapi tentara saat ini.

Dengan konsep yang ada pada Ironclad ini, meski pasukan tetap berada di pusat pengambilan keputusan, kebutuhan untuk bereaksi cepat demi bisa melihat kontrol beberapa senjata diserahkan kepada kecerdasan buatan.

Dalam bermanuver, kendaraan ini menggunakan jalur ulat karet (rel) dan memiliki lambung lapis baja yang melindungi mereka dari ledakan dan tembakan senjata ringan.

Karena mereka berlari menggunakan baterai bertenaga tinggi, kendaraan bergerak pelan dengan jarak tempuh hingga 50 kilometer (31 mil).

Visi BAE Systems ialah tentang peperangan masa depan yang akhirnya akan menggunakan armada kendaraan otonom dan berukuran lebih kecil.

Ironclad bakal menjadi pionir kendaraan tak berawak yang berjaga di garis pertahanan.

Craig Fennell, Direktur Program Masa Depan BAE Systems Land, mengatakan, "Ironclad merupakan langkah menuju medan perang masa depan."Akan selalu ada manusia dalam lingkaran ini, tapi peningkatan penggunaan otonomi dan kendaraan tak berawak akan menjadi pilihan untuk menghindari menempatkan orang dalam situasi berbahaya."

John Puddy, pemimpin teknologi di BAE Systems Land, mengatakan, "Tidak ada yang bisa sepenuhnya yakin seperti apa masa depan, tapi kami tahu bahwa ini langkah yang relatif singkat dari teknologi yang ada saat ini untuk memiliki armada kendaraan otonom yang bersifat situasional dan dapat membuat keputusan tertentu secara independen." (Dailymail/thesun/telegraph/Hnf/L-2)

Komentar