Eksplorasi

Laki-Laki Lebih Jago Main Scrabble

Sabtu, 16 September 2017 07:40 WIB Penulis:

AFP

SAAT bermain scrabble, pemain laki-laki lebih serius untuk meraih kemenangan dalam permainan tersebut ketimbang perempuan.

Para peneliti dari University of Miami mempelajari hampir 300 peserta turnamen scrabble nasional pada 2004 dan 2008.

Mereka juga mengamati peningkatan permainan para peserta lomba.

Dari pengolahan data para peneliti menemukan, meskipun para perempuan punya banyak waktu untuk bermain, mereka hanya menganggap hal tersebut sebagai hobi untuk bersenang-senang dan bukan mencari kemenangan.

Bila Anda peminat dan penggemar bahasa dan rajin meningkatkan kosa-kata bahasa Inggris, pasti Anda tertarik pada permainan scrabble.

Scrabble adalah salah satu permainan papan intelektual yang paling populer di dunia karena pemain dituntut menguasai kosakata yang luas. Permainan ini bisa diikuti 2, 3, atau 4 pemain.

Cara main scrabble mirip dengan teka-teki silang, yakni membentuk kata yang harus terhubung dengan kata yang ada sebelumnya.

Panitia turnamen membagi pemain menjadi enam kelompok peringkat dan laki-laki mendominasi kelompok peringkat tertinggi.

Pada turnamen 2002 sekitar 86% kelompok peringkat terbaik dikuasai laki-laki, sedangkan pada kelompok peringkat terendah hanya 31% di antaranya merupakan laki-laki.

Para peneliti yang studinya dipublikasikan pada Psychological Research tersebut menyatakan perbedaan gender bukanlah hal yang memengaruhi kesenjangan kemampuan kedua kelompok. Perbedaan kemampuan tersebut justru timbul dari pendekatan dalam latihan.

Meskipun banyak menghabiskan waktu dalam latihan, pendekatan perempuan berbeda dalam latihan.

Mereka tidak melakukan analisis terkait dengan peningkatan permainan.

Sementara itu, laki-laki dalam latihan lebih menghabiskan banyak waktu untuk menganalisis permainan sebelumnya dan melakukan anagram.

Hal tersebut diklaim menjadi pembeda antara laki-laki dan perempuan dalam permainan scrabble.

Para peneliti juga menyarankan para pemain scrabble dalam berlatih untuk menganalisis permainan sebelumnya dan meniru pergerakan pemenang untuk dapat meningkatkan permainan. (Dailymail/Hnf/L-2)

Komentar