Surat Pembaca

Fasilitas Jemaah Haji Harus Dibenahi

Kamis, 14 September 2017 09:27 WIB Penulis: Aji Setiawan Ilmu Agama Islam Universitas Negeri Jakarta

MI/SISWANTINI SURYANDARI

INDONESIA merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Dengan melihat kenyataan tersebut, Indonesia setiap tahun mengirim para calon jemaah haji untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima di Tanah Suci.

Namun, persoalan klasik pun masih mendera calon jemaah haji. Mulai fasilitas tenda yang kurang memadai sehingga tidak dapat menampung para jemaah haji hingga ketersediaan toilet dan kamar mandi yang terbatas.

Bukan itu saja, permasalahan lain yang harus segera dibenahi ialah penambahan ruang pelayanan kesehatan di berbagai tempat strategis. Kita harus menyadari rata-rata jemaah haji telah berusia lanjut sehingga kesehatan mereka sangat rentan. Upaya menambah petugas medis, perawat, hingga dokter spesialis dapat memberikan asa guna meningkatkan pelayanan kesehatan yang optimal.

Selain itu, petugas haji yang mengawasi mobilitas para jemaah haji juga masih belum memadai sehingga optimalisasi pelayanan masih kurang baik. Diperlukan penambahan petugas haji yang dapat memberikan kenyamanan kepada setiap jemaah haji.

Moda transportasi seperti bus pun perlu disorot karena adanya jemaah haji yang menggunakan bus tua. Itu mengindikasikan perlunya melakukan peremajaan terhadap bus jemaah haji.

Di satu sisi kita harus mengapresiasi elemen dari berbagai pihak yang terlibat dalam menyukseskan ibadah haji tahun ini. Di sisi lain kita harus melakukan berbagai evaluasi secara menyeluruh guna meningkatkan pelayanan haji dengan baik dan optimal.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama harus melobi pemerintah Arab Saudi agar meningkatkan kapasitas dan penambahan infrastruktur yang berkenaan dengan ibadah haji sehingga memberikan kemudahan bagi jemaah haji ketika melakukan ibadah.

kita pun berharap pada pelaksanaan ibadah haji tahun depan pemerintah dapat memberikan kenyamanan dan fasilitas yang terbaik agar jemaah haji dapat beribadah dengan baik.

Kirimkan keluhan dan komentar Anda tentang pelayanan publik ke e-mail: forum@mediaindonesia.com

Komentar