Olahraga

Kala Date Disadarkan Usia

Rabu, 13 September 2017 01:31 WIB Penulis:

AFP PHOTO / Toru YAMANAKA

PETENIS putri kawakan Jepang, Kimiko Date harus mengalami kenyataan pahit. Ia menjadi bulan-bulanan petenis Serbia Aleksandra Krunic 0-6,0-6 pada turnamen Jepang Putri Terbuka, Selasa (12/9). Date yang genap berusia 47 tahun pada bulan ini memang harus menerima kanyataan bahwa tenaganya kini sudah amat jauh berkurang. Alhasil ia sama tidak mampu memberi perlawanan pada Krunic yang baru berusia 24 tahun dan lebih pantas jadi anaknya.

Mantan petenis nomor empat dunia tersebut bahkan harus menyerah hanya dalam waktu 49 menit tanpa mendapatkan satu poin pun. Ia tidak mampu menghadapi Krunic yang bermain dari baseline. “Berakhir sudah,” tutur Date dengan berurai air mata di depan pada fannya. “Saya sangat sedih, tapi saya juga sangat bersyukur atas apa yang telah diberikan dunia tenis kepada saya,” kata pemegang gelar juara tunggal WTA Tour delapan kali itu yang dijuluki nenek dari para petenis putri.

“Selama pertandingan saya hanya mencoba mendapat poin dan memenangi laga. Tapi sayangnya, fisik saya tidak mendukung. Aneh memang rasanya, tapi saya harus menerima itu,” kata Date lagi. Meski bermain sampai usia 46 tahun, Date sebenarnya masih kalah dari petenis idolanya, Martina Navratilova. Petenis putri Amerika Serikat tersebut masih bermain pada usia 50 tahun pada 2006.

“Karier saya sudah habis di tenis dan saya tidak akan berada di lapangan lagi. Saya hanya akan menjadi penonton,” ujar Date. Di sisi lain, Krunic mengaku sedih karena terpaksa membuat publik Jepang menangisi idola mereka. “Saya ingin meminta maaf. Saya sebenarnya tidak mau membuat Kimiko menangis. Saya baru memulai karier saya,”’ kata Krunic yang akan menghadapi petenis ­Amerika Serikat, Alison Riske di babak selanjutnya. “Ketika saya kembali ke ruang ganti, saya pun menangis.” (AFP/AP/Mln/R-1)

Komentar