Sepak Bola

Timnas U-16 Bisa Tampil Gemilang

Selasa, 12 September 2017 23:01 WIB Penulis: (Sat/R-4)

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

HASIL buruk Piala AFF U-15 di Thailand pada Juli lalu menjadi pembelajaran berharga bagi timnas Indonesia U-16. Di depan mata, tepatnya mulai 16 September mendatang, akan digelar kualifikasi Piala AFC U-16 2017. Pasukan Garuda Asia julukan timnas Indonesia diharapkan bisa berprestasi. Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, telah menetapkan 23 pemain untuk dibawa ke ajang kualifikasi Piala Asia U-16 2017 di Thailand tersebut.

Dari hasil seleksi, tiga pemain yang sebelumnya bergabung dalam pemusatan latihan di Lapangan Atang Sutresna Cijantung, Jakarta, harus dipulangkan. Tiga pemain yang dipulangkan tersebut adalah Havidz Fauzan Muzaki (kiper PSP Padang), serta duo penyerang M Rafiq Ramdani (Sekolah Sepak Bola Bina Taruna, Jakarta), dan Althaf Indie Alrizky (Sekolah Sepak Bola Tajimalela). “Setelah piala AFF U-15, kami mengevaluasi tim dan program latihan periodesasi juga memanggil beberapa pemain baru. Setelah melakukan latihan dan beberapa kali uji coba, kami memulangkan tiga pemain terakhir sebelum berangkat ke Thailand,” ujat Fakhri di Jakarta, kemarin.

Dari 23 pemain, terdapat nama pemain sayap, Hamsa Lestaluhu. Sebelumnya pemain asli binaan Tulehu itu batal memperkuat tim kala akan berjuang di Piala AFF U-15 karena mengalami ce­dera robek otot. Hamsa sempat diragukan untuk ambil bagian kali ini, tapi Fakhri mempunyai pertimbangan lain. Hamsa akan menjadi tambahan tenaga yang cukup baik bagi Timnas Indonesia U-16. Dia akan diplot di posisi sayap sekaligus menyempurnakan kombinasinya dengan Brylian Aldama, Rendy Juliansyah, dan Andre Oktaviansyah.

“Yang tidak dibawa karena mereka kalah bersaing dengan pemain lainnya dari segi aspek teknik, fisik, pemahaman taktik, dan mental,” jelas Fakhri. Pada kualifikasi Piala AFC U-16 2017 di Thailand, timnas U-16 ini akan meladeni Kepulauan Mariana Utara di laga perdana Grup G pada Sabtu (16/9) mendatang. Berikutnya tim Garuda Muda Asia akan menjajal kekuatan tim tetangga Timor Leste, tim tuan rumah Thailand, dan uji coba terakhir menghadapi Laos. (Sat/R-4)

Komentar