Kesehatan

Sarapan Sehat Bernutrisi Tinggi

Rabu, 13 September 2017 00:31 WIB Penulis: PUPUT MUTIARA puput.mutiara@mediaindonesia.com

THINKSTOCK

BANYAK orang memandang sarapan sebagai hal sepele. Tidak jarang orang yang sibuk sering kali melewatkan sarapan dengan alasan kurang waktu atau bosan dengan menu yang itu-itu saja. Padahal, sarapan bukan sekadar pengganjal perut, melainkan juga memberikan energi agar bisa beraktivitas dengan baik dan bekerja secara optimal. Walaupun begitu, dr Alberta Jesslyn Gunardi BMedSc Hons berpendapat bahwa pada dasarnya seseorang tidak perlu mengonsumsi menu lengkap dengan porsi segunung untuk sarapan.

Idealnya, jumlah makanan yang baik dikonsumsi saat sarapan kurang lebih sepertiga dari porsi makanan sehari-hari. “Meski sedikit dalam kuantitas tapi kualitas harus tetap diperhatikan. Sarapan yang benar harus bernutrisi serta mengandung zat gizi lengkap dan seimbang,” ujarnya dikutip melalui klikdokter.com. Jenis makanan yang mengandung protein seperti telur ataupun susu rendah lemak dikombinasikan dengan makanan berkarbohidrat seperti roti dan sereal sangat baik dijadikan sebagai menu andalan sarapan.

Apalagi, dilengkapi nutrisi lain seperti kalsium, serat, dan vitamin. Dr Fiona Amelia MPH dalam artikel lain di klikdokter.com mempertegas bahwasanya komposisi nutrisi lengkap pada menu sarapan harus memenuhi 15%-30% kebutuhan gizi harian. Kelengkapan gizi tersebut menunjang metabolisme yang diperlukan tubuh. “Kekurangan nutrisi saat sarapan dapat menyebabkan lemah konsentrasi, mengantuk, dan cepat lelah. Tentu ini akan mengganggu produktivitas kerja,” tukasnya.

Serbuk serealia
Guna memenuhi kebutuhan sarapan bernutrisi tersebut, PT Kalbe Farma menghadirkan produk Entrasol Quick Start, yakni minuman sereal dari oat pilihan dan bernutrisi tinggi yang mengandung 3-Hi Formula. Hi-Calcium, yaitu kalsium 420 mg/saji yang berperan dalam pembentukan dan pertahanan kepadatan tulang serta gigi sekaligus mencegah osteoporosis. Hi-Fiber berupa serat 2 g/saji yang terkandung di dalamnya juga sangat berguna untuk membantu mempertahankan dan memelihara fungsi saluran cerna.

Hi-Vitamin D terdiri dari vitamin D 360 IU/saji. Bila ini dikombinasi dengan kalsium akan mampu meningkatkan kinerja kalsium, terutama untuk pencegahan osteoporosis. Entrasol Quick Start--selain sebagai sereal pengganti sarapan atau snack yang cepat dan mengenyangkan juga mengandung oat dengan semua kebaikan, termasuk untuk kesehatan jantung. Khusus Vanila Veggie mengandung fl akses sayuran asli dan segar yang mengandung semua kebaikan sayuran.

Namun begitu, Entrasol Quick Start Vanila Veggie tidak menimbulkan enek karena memiliki sensasi susu rasa vanila dengan oat sereal dan potongan sayuran segar. Varian rasa lain, yaitu cokelat juga banyak digemari anak-anak sehingga produk tersebut aman dikonsomsusi siapa pun. Entrasol Quick Start keluaran dari PT Kalbe Farma dapat dibeli di supermarket atau minimarket terdekat dengan harga sekitar Rp25 ribu/boks atau berisi lima sachet (kemasan). Meski terbilang lebih mahal daripada minuman sereal lain, hal ini sebanding dengan kandungan gizi dan rasanya yang enak. (Mut/S4-25)

Komentar