Megapolitan

Polrestro Tangerang Dukung penindakan di Pelanggaran Traffic Light

Selasa, 12 September 2017 20:06 WIB Penulis: Sumantri

ANTARA

MESKI di beberapa titik lampu lalu lintas (traffic light/ TL) di jalan utama di Kota Tangerang sudah dilengkapi sebanyak 35 closed vircuit television (CCTV), daerah tersebut belum memberlakukan tindakan atau penilangan terhadap kendaraan yang melintasi garis TL di saat lampu kuning atau tanda hati-hati untuk berhenti dan berangkat.

"Sampai saat ini kami belum memberlakukannya, karena memang belum ada pembicaraan antara Dinas Perhungan dan pihaknya untuk melakukan wewenang tersebut," kata Kepala Urusan Bidang Oprasi Lalu Lintas Polres Metro Tangerang Ajun Komisari Agus, Selasa (12/9).

Menurutnya, sebanyak 35 CCTV yang dipasang oleh Pemerintah Kota Tangerang, dalam hal ini Dinas Perhubungan, kata Agus, sifatnya hanya untuk memantau kepadatan arus lalu lintas atau kejadian lainnya. Dengan demikian petugas lalu lintas di lapangan bisa segera datang ke lokasi guna mengatur lalu lintas atau tindakan lainnya.

Misal di TL Prapatan PLN, antara Jalan Jendral Sudirman dan Jalan KH Hasyim Ashari. Bila terjadi kepadatan lalu lintas di sana atau kecelakaan, petugas di lapangan akan mendapat informasi dari petugas Area Trafic Control System (ATCS) yang ada di Polres Metro Tangerang. Tujuannya agar mereka segera meluncur ke lokasi guna memecahkan kemacetan atau menangani kecelakaan tersebut.

"ATCS yang ada di Polres ini terkoneksi dengan ATCS yang ada Dishub, sehingga bila ada sesuatu saling bekerja sama," kata Agus.

Namun demikian, Agus menilai, apabila tindakan terhadap pelanggan itu bisa dilakukan melalui pemantau CCTV, pihaknya juga mendukung. Hal itu demi terciptanya tertib berlalu lintas di masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Saeful Rochman menyatakan bahwa dipasangnya 35 CCTV menyebar di beberapa titik TL di Kota Tangerang bertujuan untuk memantau kemacetan lalu lintas.

"Untuk CCTV ini, sudah kita pasang sejak 2015 lalu. Sehingga bila terjadi kemacetan atau kecelakaan di sekitar TL cepat tertangani," kata dia. (OL-6)

Komentar